Seni Mural

Mural merupakan cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Salah satu pengalaman saya terlibat dalam kegiatan mural adalah dulu banget waktu jaman masih SMP di SMP Negeri 2 Purworejo. Dulu ada namanya classmeeting yang salah satu kompetisinya adalah menggambar tembok parkiran sepeda sekolah yang membentang sepanjang beberapa kelas. Bukan saya yang jelas yang menggambar, cuma ikut heboh aja. Ada temen saya yang jago namanya Johny Presto.

Nah, akhir tahun lalu saya ikut heboh lagi buat nemenin bikin mural di Kedai Kopinya Hannif di daerah Kopo, Bandung. Ga ikut ngegambar juga, cuma ngerecokin. Kali ini pelakunya adalah Mbak Mira, temen saya di Tongkat Mas Management.

Mbak Mira in action.
Mbak Mira in action.

Udah deh hasilnya langsung bisa buat foto-foto buat diunggah ke instagram.

Monggo kalau ada yang berminat temboknya dicorat-coret bisa langsung kontak saya *malah cari projekan*, haha.

๏ 82 readers

4 thoughts on “Seni Mural”

Leave a Reply