Menikmati Karya Nyoman Nuarta di NuArt Gallery Bandung

Selain dipenuhi dengan berbagai kafe dan factory outlet, Bandung juga termasuk salah satu surga pagi pecinta art gallery, salah satunya NuArt Sculpture Park ini yang merupakan lokasi workshop dan galeri salah satu seniman Indonesia yaitu Nyoman Nuarta. Beliau merupakan lulusan FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB yang karyanya sudah ada di berbagai negara, salah satu yang paling terkenal mungkin patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bali.

Lokasinya ada di kawasan Setra Duta, sekarang sudah masuk kawasan Bandung Barat. Sebelum memasuki area museum pengunjung sudah disambut dengan berbagai karya seni dari mulai bundaran di depan komplek hingga ke gerbang museum. Kebetulan saat itu saya ke sana berdua dengan Syafrizal yang anaknya kurang piknik, haha.

Halaman depan NuArt Gallery

Museum ini baru diresmikan pada tanggal 17 Maret 2016 oleh Pak Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjabat saat itu.

Memasuki area depan terdapat resepsionis, coffee shop dan berbagai karya seni yang bertebaran. Untuk tiket masuk harganya 50 ribu rupiah untuk orang dewasa, 25 ribu untuk pelajar dan anak-anak, serta gratis untuk anak di bawah 2 tahun.

Tanda Peresmian NuArt Gallery
Salah satu karya seni di depan resepsionis
Tangga menuju galeri seni

Di dalam area galeri seni kita akan disuguhkan dengan berbagai karya seni yang sangaaat banyak lengkap dengan arti dan ceritanya. Galeri seni ini memang dibangun untuk memamerkan rekaman perjalanan Nyoman Nuarta sebagai pematung yang berkarya di berbagai era. Dari mulai tahun 1970-an hingga kini.

Pindai / Senarai
Borobudur
Garuda Wisnu Kencana

Di museum ini sebenarnya ada larangan untuk tidak mengambil foto, tetapi sepertinya belum tegas, jadi ya ikut ngambil-ngambil dikitlah, hehe.

Di belakang museum juga terdapat taman yang sejuk yang bisa digunakan untuk bersantai melihat hijau pepohonan sambil mendengarkan suara orang memukul besi untuk membuat patung.

***

Nyoman Nuarta mulai dikenal saat dia memenangkan kompetisi Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia pada tahun 1979. Ya, patung Soekarno – Hatta di Monumen Proklamator di Jakarta itu merupakan hasil karyanya. Karya-karya lainnya yang monumental di antaranya patung Arjuna Wiwaha di depan kantor pusat Indosat di Jakarta, monumen Jalesveva Jayamahe di komplek Akademi Angkatan Laut di Surabaya, dan yang paling terkenal adalah monumen Garuda Wisnu Kencana di Bali. Selain itu, karyanya juga tersebar di berbagai negeri lain, seperti Singapura, Filipina, Spanyol, Australia, dan masih banyak lagi.

Kini pun karya-karyanya juga menjadi penghias di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Karya-karya Nyoman Nuarta memiliki ciri khas memanfaatkan medium tembaga dan kuningan. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan media kawat baja dan polyester resin walau tidak sebanyak medium tadi.

***

Mungkin itu sedikit cerita dari hasil kunjungan ke NuArt Gallery Bandung milik Nyoman Nuarta. Jika ingin berwisata santai sambil menikmati karya seni, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan.

๏ 11 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *