Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Mencari pilihan wisata alam di Jakarta bisa dikatakan tidaklah mudah. Sebagai ibukota negara yang sangat padat penduduknya, wisata yang ada di Jakarta mengerucut menjadi wisata budaya, wisata sejarah atau wisata kuliner.

Namun ternyata masih ada satu wisata alam yang ada di kawasan kota Jakarta selain kawasan Pantai Ancol ya, yaitu Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Lokasinya di daerah Angke, Jakarta Utara.

Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Selain sebagai tempat wisata yang menyuguhkan pesona alam yang indah dan udara segar di sekitar Jakarta, tujuan utama dari Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk ini sebenarnya adalah untuk mencegah erosi pantai di sekitar Jakarta serta sebagai tempat konservasi dan edukasi tentang Mangrove. Pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan, seperti kegiatan penyemaian tanaman dan kegiatan konservasi lainnya.

Selain disediakan jembatan bambu dan kayu disediakan juga boat untuk berkeliling kawasan mangrove.

***

Kebetulan saya ke sana bersama dua teman saya Ratri dan Nuning. Ratri yang sekarang tinggal di Malang sedang menyempatkan diri untuk main ke Jakarta untuk mengobati rindu akan hidup hedon di Jakarta, wkwk.

Saya, Nuning, Ratri
Jembatan Kayu

Menuju Kawasan Pantai Indah Kapuk

Untuk menuju ke sana bisa dilakukan dengan beberapa moda transportasi, antara lain :

  • Trans Jakarta : Naik koridor 9A jurusan Pinang Ranti – Pluit lalu turun di Pluit Village Mall. Dari situ lanjut menaiki angkot merah nomor B01 jurusan Grogol – Angke dan turun di gerbang Pantai Indah Kapuk. Dari situ, kamu sudah memasuki daerah Pantai Indah Kapuk.
  • Bus Terminal Blok M : Naik bus non AC no 37 jurusan Blok M – Muara Angke. Namun bus ini terkadang hanya sampai di Mega Mall Pluit. Kamu harus melanjutkan perjalanan dengan angkot berwarna merah nomor 11 lalu turun di Jalan Mandara. Dari situ kita melanjutkan sekali lagi menaiki angkot berwarna merah yang melewati kawasan PIK.
  • Kendaraan Pribadi : Tol Dalam Kota: Ambil pintu keluar Pluit, setelah menemukan Mega Mall Pluit, jalan terus hingga masuk ke Jalan Muara Karang. Setelah melewati jembatan lurus sampai Pizza Hut lalu belok kiri dan masuk ke kawasan PIK. Atau Tol Bandara: Setelah melewati tol pilih gerbang tol keluar Pantai Indah Kapuk.

Karena saat itu kami memesan Uber jadinya ikut yang jalur untuk kendaraan pribadi. Dan memang konon untuk menemukan gerbang masuk wisata mangrove ini agak tricky kami pun sempat nyasar dan muter-muter di kawasan Pantai Indah Kapuk ini.

Yang perlu diperhatikan adalah kita harus mencari komplek Yayasan Buddha Tzu Chi, nah gerbang untuk wisata mangrovenya ada di belakangnya, agak kecil memang, haha.

Yayasan Buddha Tzu Chi

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket untuk dapat masuk ke kawasan ini adalah Rp 25.000 / orang, sedangkan jam bukanya adalah dari jam 07.00 hingga 17.30.

***

Ya, walaupun tidak seluas kawasan mangrove selain di Jakarta dan masih panas (banget) juga kalau sudah siang hari di sana, tetapi kawasan ini bisa jadi alternatif wisata selain pergi ke mall di akhir pekan. Selamat mencoba!

Sumber : wego

๏ 34 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *