Berbicara tentang Pantai Tanjung Lesung, saya merupakan salah satu yang sangat kaget ketika mendengar berita tentang tsunami di Selat Sunda bulan Desember 2018 yang lalu. Pasalnya di tahun 2018 kemarin saya sempat berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung yang menjadi salah satu lokasi terdampak paling parah dari tsunami yang diakibatkan oleh aktivitas Gunung Anak Krakatau itu.

Berikut beberapa sudut dari pantai ini yang sempat saya abadikan kala itu. Entah bagaimana keadaannya sekarang, mengingat akibat dari bencana tsunami tersebut terlihat cukup parah.

Welcome Spot

Berjalan sedikit dari area parkir, kita akan langsung disambut dengan pemandangan seperti di atas ini. Kebetulan waktu itu sedikit mendung, jadinya lautnya terlihat tidak begitu biru. Tapi saya yakin jika cerah maka pemandangannya akan lebih bagus lagi.

Kawasan Pantai Tanjung Lesung yang teduh

Pantai ini mempunyai kawasan ekonomi khusus yang mana sudah bisa memanjakan pengunjungnya. Selain teduh dan tidak terlalu panas karena banyak pepohonan.

Di sini juga tersedia bermacam pilihan wisata. Mulai dari resort, area camping, restoran, mini zoo, dermaga, berbagai wahana permainan air (banana boat, kanoe, jet ski, voli pantai), hingga snorkeling atau hanya sekadar bersantai di bibir pantai.

Masih sangat bersih bukan?

Sangat berbeda menurut saya dengan kawasan pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Anyer atau Pantai Carita yang sudah mulai banyak sampahnya.

Bergeser sedikit dari kawasan bibir pantai utamanya, di sini juga terdapat dermaga yang dapat digunakan untuk bersantai dan melihat pemandangan pantai dari sisi lain. Bisa juga digunakan untuk area memancing ikan.

Dermaga Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung dilihat dari Dermaga
Ayunan di Pantai Tanjung Lesung

Pemandangan ayunan seperti ini sangat lazim ditemukan di pantai ini, karena memang banyak disediakan.


Cocok sekali digunakan untuk liburan keluarga atau liburan bersama teman dengan adanya beberapa fasilitas yang ada di pantai ini. Namun, untuk menuju ke sana itulah effort sebenarnya, karena ya tau sendiri lah bagaimana jalanan dan transportasi di Provinsi Banten.


Lokasi

Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten

Rute Menuju Lokasi

  • Serang : Serang – Pandeglang – Labuan – Panimbang – Tanjung Lesung
  • Jakarta : Jakarta – Tol Jakarta Merak – Tol Serang Timur – Serang – Pandeglang – Labuan – Tanjung Lesung
  • Jakarta (2) : Jakarta – Tol Jakarta Merak – Tol Cilegon – Jalur Anyer dan Carita – Labuan – Tanjung Lesung


→ 157 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *