Soto Uncu Padang Sejak 1995

Pertama kali berkunjung ke Kota Padang, pertama kali juga saya tau ada yang namanya Soto Uncu, yang mana adalah turunan dari Soto Padang.

Soto Padang sendiri merupakan varian soto yang berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang.

Sangat nikmat jika dihidangkan panas-panas, Soto Padang warnanya cenderung bening agak kuning atau kadang sedikit kecokelatan, tergantung yang meracik bumbunya.

Yang berbeda dari soto lainnya ada pada daging dan tetelan atau bahasa padangnya gomok yang digoreng sebelum dicampur dengan kaldu, mie, dan bahan-bahan bumbu lainnya. Daging soto padang pertama dipotong kecil-kecil dulu dan dibuat menjadi dendeng, kemudian baru digoreng dalam minyak yang panas.

Meskipun digoreng, tapi tekstur daging goreng yang telah dikuahi itu tetap empuk dan lembut.


Rumah Makan Soto Uncu Padang

Kebetulan saya berkunjung ke Rumah Makan Soto Uncu ini pada malam hari, sudah tidak terlalu ramai. Lokasinya di Jl. Raya Sungai Balang, Bandar Buat, Kota Padang.

Satu Set Porsi Soto Uncu

Menu utama di Soto Uncu ini adalah soto yang sajikan dengan daging sapi, daging paru kerbau dengan kuah berbumbu rempah-rempah yang tidak menggunakan santan. Di sini juga terdapat menu Soto Rabu/Jarwan. Jika rabu adalah daging perut sapi, jika jarwan saya kurang tau ini apa, lupa nanya kepada penjualnya.

Harganya berbeda jika dibungkus

Selain menu soto yang unik, hal lain yang menarik perhatian saya di sini adalah adanya kecap lokal Kota Padang yang digunakan sebagai penambah rasa sotonya, yaitu Kecap Cap Burung yang di produksi oleh Cie Cong di Padang.

Karena saya sendiri meyakini jika sudah menggunakan kecap lokal maka pasti akan lebih khas rasanya, akan sedikit susah jika ingin diduplikasi di daerah lain.

Kecap Cap Burung

Selain soto terdapat minuman yang ditawarkan seperti teh telur, kopi, teh, dan minuman jus buah.


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 20.000 per porsinya.

Lokasi

Jl. Raya Sungai Balang No. 31, Kel. Bandar Buat, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat 25158

Jam Buka

Soto Uncu Padang buka setiap hari pukul 07.00 – 19.00 WIB


๏ 10 readers

Leave a Reply