Tentang Kehebatan Islam

Seperti biasa, adzan dzuhur dari MSU selalu berkumandang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dan sudah menjadi rutinitas bagi kami para kuli koding kampus untuk beranjak dari depan editor untuk melaksanakan kewajiban di masjid.
Dan seperti biasa juga, diadakan kajian setelah sholat dzuhur. Kali ini yang mengisi bukan ustadz seperti biasanya, tetapi Pak Suwandi yang sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Sains. Kajian yang singkat, tetapi langsung mengena ke pokok permasalahan yang dimaksudkan.
Berikut ini sedikit ringkasan dari apa yang beliau sampaikan. Beberapa berupa pertanyaan yang harus dijawab oleh kita sendiri.

  1. Jika anda ditanya apa hebatnya Islam daripada agama yang lain bagaimana jawaban anda? Menurut beliau agama Islam adalah agama terbaik dan lebih baik dari yang lain, itu sudah jelas dituliskan di dalam Al-Quran.
  2. Tapi dengan adanya fakta seperti itu, kenapa masih ada kejadian seorang muslim yang berpindah agama? Apakah salah dari Islam? Jelas bukan. Mungkin pengaruh orang-orang yang memeluk Islam itu sendiri.
  3. Masalah toleransi untuk beribadah dan tempat ibadah. Mengapa mesti ada kejadian orang Islam yang menyerang pemeluk agama lain yang akan beribadah, jarang sekali kejadian sebaliknya?
  4. Islam itu agama rahmatal lil ‘alamin, tidak hanya untuk orang yang memeluk agama Islam, tapi untuk semua makhluk-Nya.
  5. Lha agama lain gimana si sebenernya? Apa trus tidak baik? Jawabannya : agama lain tetap baik, mana ada agama yang tidak baik, tapi tetep Islam yang terbaik.
  6. Dalam konteks lain, pernahkah kita ditunjukkan hebatnya Islam oleh orang tua kita? Mayoritas yang ada adalah sudah otomatis memeluk Islam tanpa mengetahui terlebih dahulu kehebatannya. Atau pernahkah kita menunjukkan kehebatan agama Islam kita kepada orang lain?
Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti di atas mungkin kita sudah tau bagaimana jawabannya, ya nggak? Mungkin jawaban-jawaban dari pertanyaan tadi bisa menambah jawaban pertanyaan mengapa tentang Islam.
Salah satu contoh fakta yang ada di Indonesia ini adalah terdapat banyak siswa beragama Islam yang bersekolah di sekolah yang sudah jelas-jelas mendeklarasikan bahwa mereka adalah sekolah non Islam. Bagaimana sebaliknya? Apakah ada siswa non Islam yang bersekolah di sekolah Islam? Nyatanya hampir tidak ada. Nah, jika seperti ini bagaimana cara mereka bisa mengenal Islam?
Mungkin itu dulu sedikit ringkasan dari kajian siang tadi, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
#JuliNgeblog #Day23
@ariffsetiawan

๏ 48 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *