Custom Watchface Amazfit Bip

by:

Technology

Pada artikel sebelumnya, saya sudah memberikan review tentang Amazfit Bip, salah satu smartwatch favorit saya, kali ini saya akan membahas secara spesifik mengenai watchface Amazfit Bip ini.

Mengapa bisa menjadi salah satu favorit?

Di sana saya juga sudah menjelaskan tentang beberapa fitur andalan dari smartwatch yang kini sudah menjadi bagian dari Xiaomi ini. 

Meskipun fitur-fiturnya tidak secanggih smartwatch lain, tetapi bagi saya yang sangat malas melakukan charging setiap sehari atau seminggu sekali untuk sebuah jam, produk ini rasanya sudah sangat pas sekali, karena bisa bertahan selama 45 hari untuk setiap 1 kali charging. 

Saya bisa berkata demikian karena sebelumnya juga pernah menggunakan Fitbit yang harus dicharge setiap 5 hari sekali.

Selain fitur-fitur lain yang bisa bersaing dengan smartwatch lain dan keunggulan daya tahan baterainya, satu hal lagi yang membuat menarik adalah pilihan display yang sangat banyak, atau yang lebih dikenal sebagai watchface.

AmazTools

Meskipun sudah ada beberapa pilihan di aplikasi bawaan Mi Fit untuk memilih beberapa fungsi default, tapi menurut saya akan lebih asik lagi jika kita menggunakan AmazTools. Aplikasi 3rd party yang menyediakan customization tools untuk produk-produk dengan brand Amazfit, seperti Amazfit Bip, Amazfit GTR, Amazfit GTS dan Mi Band 4.

Mari kita coba cek apa saja isi dari aplikasi AmazTools ini.

Home 

Berisikan summary dari aktivitas yang sinkron dengan data dari smartwatch.

Browse 

Berisikan gallery watchface yang kita pilih dan bisa kita download jika ada yang disukai.

Downloads

Berisikan list watchface yang sudah didownload dan siap diinstall ke smartwatch.

Sport Activity

Berisikan aktivitas workout yang tercatat di smartwatch. Menariknya adalah data di sini bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Strava.

More

Berisikan menu-menu kustomisasi lain seperti pengaturan bahasa, system unit hingga termasuk integrasi dengan Spotify.


Salah satu fitur yang sangat kentara untuk diubah secara custom adalah bagian watchface, karena fitur inilah yang menampilkan data di layar jam yang kita pakai. 

Untuk merubahnya sangat mudah sekali, yaitu 

  1. Pastikan koneksi bluetooth menyala.
  2. Pada menu Downloads, pilih watchface yang ingin kita gunakan.
  3. Tap menu Install, tunggu hingga proses instalasi selesai 100%.

Dalam hitungan detik tampilan jam sudah berubah, asik sekali. Karena tampilan jam kita bisa ubah sesuka hati tanpa harus takut akan sama persis dengan punya orang lain, haha.

Berikut beberapa contoh custom watchface yang pernah saya gunakan. 

Melakukan kustomisasi seperti ini tentunya ada resiko tersendiri. Dengan melakukan instalasi custom watchface ini, tentunya akan berpengaruh pada performansi, terutama durasi baterai. 

Yang tadinya bisa bertahan selama 45 hari jika menggunakan watchface default, otomatis akan berkurang jika menggunakan custom watchface. Untuk berkurangnya separah apa, saya sendiri belum pernah mengukurnya seberapa signifikan penurunan daya tahan baterainya.

Yang jelas saya masih merasa nyaman ketika menggunakan custom watchface, meskipun sudah berkurang, tetapi tidak sampai harus melakukan charging seminggu sekali. Masih bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan smartwatch lainnya.

AmazFaces

AmazTools ini hanya tersedia di platform iOS. Jika kalian menggunakan Android ada aplikasi 3rd party yang sejenis bernama AmazFaces yang sudah tersedia di iOS dan Android. Meskipun saya belum pernah mencobanya, tetapi sekilas dua aplikasi ini mempunyai kemiripan dari sisi fiturnya.

Selamat mencoba!


→ 220 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *