Di sekitar kawasan pecinan setiap kota biasanya selalu ada sebuah bakery. Tidak jauh berbeda juga dengan Toko Roti Moro Seneng yang ada di kawasan Muntilan ini. Lokasinya pun dekat dengan Kelenteng Hok An Kiong, Muntilan. Setidaknya itulah hasil pengamatan dari saya.

Toko Roti Moro Seneng
Toko Roti Moro Seneng

Uniknya lagi, toko roti yang sudah ada sejak tahun 1967 ini bersebelahan banget dengan toko lain yang sudah jauh ada lebih dahulu, yaitu pusat jajanan Toko Nyonya Pang. Jadi biasanya bisa sekalian, bisa icip-icip dua toko ini. Tinggal pilih genrenya saja. Jika di Nyonya Pang kebanyakan adalah jajanan tradisional, maka di Toko Roti Moro Seneng ini ada jajajan roti-rotian.

Ya meskipun roti-rotian, tentu saja di sini menunya adalah roti tradisional yang sudah ada dari sejak dahulu kala, seperti Roti Semir, Pisang, Pisang Coklat atau Roti Sobek. Selain itu, masih ada juga beberapa jajanan lain yang bisa dinikmati seperti aneka kue basah, lumpia, risoles, martabak, arem-arem, pastel hingga bluder. Beberapa jajanan kering khas Magelang juga ada. Tinggal milih, heheu. 

Karena bukan tipe toko yang menyediakan menu makanan besar, maka di sini juga ga terlalu banyak pilihan untuk minumannya. Di sini hanya ada beberapa menu kopi yang diolah dari produk brand kapal api, kunyit asem, dan thai tea.

Soal tempat, di sini cukup nyaman karena ada beberapa kursi dan sofa yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati jajanan dan minuman yang disediakan di toko ini. Berbeda dengan toko sebelahnya yang memang buat belanja cepat saja. Terutama bagi yang akan menuju ke arah Semarang.

Toko yang ada di Jalan Pemuda ini merupakan toko utamanya, tapi bagi kalian yang menuju ke arah Yogyakarta tidak perlu repot-repot untuk berputar-putar, karena ada cabangnya di Jalan Yasmudi, sisi lain dari Muntilan yang ke arah Yogyakarta. Tepatnya berada setelah perempatan yang mau ke Soto Pak Much.

Karena industri rumahan, pembuatan roti di sini masih menggunakan peralatan tradisional. Di Toko Roti Moro Seneng Muntilan tidak menggunakan mikser, tetapi lebih memilih menggunakan gilingan tradisional serupa gilingan bakmi. Wow, tidak heran jika rasanya memang patut diacungi jempol.

Silahkan mencoba jika sedang lewat Muntilan dan bingung mau oleh-oleh apa.


Harga

Harga di toko roti ini bervariasi mulai dari Rp 5.000, tetapi untuk andalan Roti Tempo Dulu adalah Rp 13.000.

Lokasi 

Jl. Pemuda No.73, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56414.

Jam Buka

Toko roti ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 19.00 WIB.


→ 22 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.