Keuntungan Menggunakan Pesawat dan Cara Membeli Tiket Pesawat

Pergi ke suatu tempat dengan jarak yang jauh pasti akan membosankan dan melelahkan jika harus menempuhnya dalam waktu yang lama. Dengan naik pesawat perjalanan jarak jauh akan memakan waktu lebih singkat daripada dengan alat transportasi lain. Terlebih pesawat adalah kendaraan dengan resiko kecelakaan paling kecil.

Cara Membeli Tiket Pesawat

Calon penumpang dapat memanfaatkan berbagai cara untuk mendapatkan tiket pesawat, seperti berikut ini.

  1. Membeli di kantor maskapai penerbangan
    Cara ini cocok bagi yang belum terbiasa dengan beli tiket pesawat secara online. Maskapai biasanya membuka gerai di tempat strategis atau satu tempat dengan kantor pusat. Calon penumpang harus menentukan pilihan maskapai dan mendatangi gerainya untuk membeli tiket.
  2. Membeli di agen atau biro perjalanan
    Agen akan memberikan pilihan dari berbagai maskapai dengan jadwal dan harga yang masih tersedia. Agen akan memesankan tiket secara online. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran secara langsung dan mendapatkan tiket berwujud fisik. 
  3. Membeli di call center maskapai
    Calon penumpang menghubungi call center dari maskapai sesuai pilihan. Kemudian pihak maskapai akan membantu pemesanan. Bisa memesan tiket untuk hari yang sama maupun untuk hari berikutnya.
  4. Membeli di situs resmi maskapai
    Calon penumpang harus memesan sendiri tiket secara online pada web maskapai tertentu. Jika sudah melalui semua proses maka ketentuan bagasi akan terkirim ke email dan harus mencetak tiket sendiri. Untuk mengetahui harga terbaik tentu harus membuka situs dari berbagai maskapai.
  5. Membeli di situs penjualan tiket online
    Calon penumpang juga bisa membeli tiket secara online pada berbagai situs yang menjualnya. Salah satunya adalah di Traveloka. Caranya juga sangatlah mudah.
    Pada halaman awal akan muncul kolom untuk mengisikan tanggal keberangkatan, kota asal dan tujuan, serta jumlah penumpang. Akan muncul hasil pencarian tiket pesawat dari berbagai maskapai dengan beragam harga. Setelah memilih hanya perlu mengisikan data diri secara lengkap.

    Pembayaran bisa dengan transfer bank, internet banking, hingga melalui gerai tertentu. Terdapat juga berbagai promo yang bisa menghemat biaya. Untuk memesan di situs penjualan tiket bisa dengan komputer maupun hp pada web resmi atau aplikasinya.

Keuntungan Bepergian Menggunakan Pesawat

Adisutjipto International Airport
Adisutjipto International Airport

Beli tiket pesawat untuk mampu naik pesawat saat bepergian akan memberikan banyak keuntungan bagi penumpangnya. Beberapa keuntungan tersebut antara lain seperti di bawah ini.

  1. Hemat waktu dan tenaga
    Pesawat mampu menempuh jarak jauh dengan waktu yang jauh lebih cepat dari model transportasi darat maupun laut. Penumpang pun tidak harus duduk dalam waktu yang lama sehingga tidak melelahkan. Penumpang bisa beristirahat selama perjalanan dan tubuh akan segar ketika sampai di tujuan.
  2. Nyaman 
    Tempat duduk di pesawat tergolong lebih nyaman dan lapang daripada alat transportasi lainnya. Penumpang bisa mengatur posisinya untuk kenyamanan selama perjalanan. Terlebih lagi biasanya penumpang akan mendapatkan makanan dan minuman.
  3. Mudah dan murah
    Pesawat mampu menjangkau berbagai rute bahkan yang biasanya susah untuk dijangkau. Meski harga tiket tergolong tinggi namun hal tersebut sebanding dengan kenyamanan dan kecepatannya. Karena ada berbagai maskapai yang melayani penerbangan maka harga tiketnya juga akan bersaing.
  4. Tersedia banyak pilihan jadwal
    Penerbangan dengan pesawat biasanya melayani hingga 24 jam dengan begitu banyak maskapai. Jadi jika ingin menggunakan pesawat tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket. Penumpang juga bisa memilih waktu penerbangan baik pagi, siang, sore, maupun malam.
  5. Aman 
    Pesawat sebagai alat transportasi udara memiliki kemungkinan kecelakaan lebih kecil daripada jika mengendarai motor atau mobil. Keamanan akan barang bawaan juga lebih terjamin. Pada era pandemi sekarang ini protokol kesehatan diterapkan untuk mencegah penularan virus.

    Setiap penumpang harus melakukan test apakah terjangkit virus atau tidak. Selain itu penggunaan masker dan menghindari kerumunan merupakan keharusan. Pastinya pihak maskapai dan bandara senantiasa menjaga kebersihan bandara maupun pesawat.

Ketika akan memesan tiket pesawat sebaiknya siapkan dulu data diri seperti kartu identitas dan paspor. Untuk pembelian sendiri pastikan pengisian semua datanya benar. Pembelian secara online termasuk yang paling praktis karena bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun.


→ 13 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *