Bakso Lombok Uleg Pak Di Sejak 1967

Ada yang unik dari Bakso Lombok Uleg Pak Di yang ada di jantung Kota Temanggung ini. Berbeda dengan bakso lain yang mungkin sudah menjadi makanan yang sangat awam ya, bukan hanya di Indonesia, bisa jadi di Asia Tenggara juga.

Unik dan berbeda dari bakso di daerah lain, bakso di sini selalu disajikan dengan mangkok tambahan yang berisi kuah dan lombok uleg.

Bakso Lombok Uleg Pak Di yang terletak di Jalan Jampirejo Tengah, Jampirejo Barat, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung ini merupakan pelopor bakso lombok uleg yang kini menjadi makanan khas Kota Tembakau ini. Sudah ada sejak tahun 1967, warung ini sudah menjadi salah satu legenda kuliner di kota ini.

Bakso Lombok Uleg Pak Di
Bakso Lombok Uleg Pak Di

Komposisinya Unik

Selain khasnya dengan mangkok tambahan berisi cabai yang diuleg di dalam kuah, komposisi bakso di sini juga terdiri dari ketupat, tahu kulit goreng, bawang merah, daun seledri dan bakso itu sendiri. Tidak hanya itu, di sini juga tidak disediakan saus dan sambal, cuma ada kecap saja, hahaha. Jadi memang rasa pedas untuk menikmati bakso hanya bisa didapat dari cabai yang diuleg. Komposisi yang unik inilah yang sangat menjadi ciri khas dan yang membedakan cita rasa bakso di sini dengan bakso daerah lain. Luar biasa bukan? hahaha.

Bakso Lombok Uleg Pak Di
Bakso Lombok Uleg Pak Di

Variasi bakso yang dijual di sini juga bermacam-macam, seperti Bakso Komplit, Bakso Tahu, Bakso Kupat, dan Bakso Kuah. Jika kalian tidak menyukai ketupat, kalian bisa memesan bakso tahu atau bakso kuah dengan harga dan porsi yang sama. 

Untuk rasa pedasnya pun kalian bisa memilih, berdasarkan jumlah cabai yang diuleg. Jadi bagi kalian yang pecinta pedas maupun yang bukan tidak perlu khawatir, karena masih sangat fleksibel.

Masalah tempatnya, selain strategis di pinggir jalan raya juga cukup luas dengan kapasitas yang cukup banyak. Bisa di dalam warung atau di bagian luar. Disediakan meja dan kursi untuk menikmati bakso di sini, tetapi tidak ada yang lesehan. Tempat parkirnya pun lumayan enak. Jika tidak bisa parkir di dalam kawasan pertokoan, kita masih bisa parkir di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan Temanggung dengan Parakan.

Untuk harganya sendiri terbilang masih standar ya, terakhir saya ke sini harganya masih sekitar Rp 15.000 untuk satu porsi baksonya. Untuk minumannya tidak banyak yang ditawarkan, standar seperti warung bakso di pinggir jalan, hanya ada Es Teh/Jeruk, Teh/Jeruk Panas dan teh botol. Makanan tambahannya pun cuma ada kerupuk, jadi memang lumayan minimalis menu di sini.

Bakso lombol uleg semacam ini sebenernya sudah ada di beberapa kota, tetapi jika ingin merasakan yang autentik dan legendaris bisa dicoba berkunjung ke Temanggung ya.

Selamat mencoba!


Harga

Harga satu porsi bakso di warung ini sekitar Rp 15.000.

Lokasi 

Jl. Jampirejo Tengah, Jampirejo Barat, Jampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56216.

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 21.00 WIB. Kecuali hari jumat, hanya buka setelah jumatan.


→ 15 readers

Related Posts

Arif Setiawan

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *