Menu ayam goreng di daerah Jogja memang sangat beragam, mulai yang tidak terlalu manis sampe manis banget. Salah satunya adalah Ayam Goreng Tojoyo 3 yang sudah ada sejak tahun 1983.

Yang menjadi ciri khas di sini adalah olahan ayam goreng dan bebek goreng dengan bumbu ungkep khas Jawa yang kaya akan cita rasa bumbu tradisional, menghasilkan rasa yang nikmat ketika disantap dengan tekstur daging yang empuk.

Selain ayam dan bebek, masih ada menu lain juga di sini yang tidak kalah nikmat. Apalagi kalau bukan menu jeroan, hahaha. Yang tersedia di sini adalah jerohan sapi goreng mulai dari usus, paru, limpa hingga babat. Konon paru gorengnya enak sekali karena empuk dan gurih.

Ayam Goreng Tojoyo 3
Ayam Goreng Tojoyo 3

Saya sendiri berkesempatan untuk mencoba makan siang di sini yang lokasinya di Jl. Urip Sumoharjo No.133, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. Tepat di depan Empire XXI.

Selain yang di depan Empire, masih ada cabang lain di Transmart dan jalan Mayjen Sutoyo 60. Totalnya ada 3 di Jogja.

Tentu saja saya langsung mencoba menu ayam gorengnya, ditambah dengan kondimen lain seperti jeroan dan tahu tempe. Sekilas memang cenderung ayam goreng kering, maka dari itu sepertinya tambah nikmat lagi jika dipadukan dengan sayur asem untuk menambah kesegaran. Untuk sambalnya sendiri di sini ada dua jenis sambel ya, pertama sambel merah dan sambel bawang. Bebas bisa pilih salah satu atau keduanya. Selain itu, juga ada standar lalapan di piring terpisah berupa kacang panjang, selada air, kol, tomat, dan kemangi.

Menurut saya rasanya tidak terlalu manis ya, jika dibandingkan dengan ayam goreng lain yang ada di Jogja. Patut dicoba bagi kalian yang sudah mulai bosan dengan menu makanan yang manis di kota gudeg ini.

Salah satu menu yang unik di sini sebenarnya adalah menu usus ayamnya. Usus ayam yang panjang digulung jadi satu hingga bulat menyerupai bola dan digoreng kering. Tapi di dalam gulungan itu dalamnya masih bertekstur lembut. Sayang, saya belum sempat mencobanya. Lebih tergoda sama babatnya, wkwk.

Tempat yang cukup nyaman di Ayam Goreng Tojoyo 3
Tempat yang cukup nyaman di Ayam Goreng Tojoyo 3

Jangan heran jika tempat makan ini sangat ramai diminati oleh pembeli, terutama saat jam-jam makan siang dan makan malam. Tempatnya bisa dibilang nyaman untuk makan di tempat, karena luas dan disediakan banyak meja. Paling untuk parkirnya agak terbatas, ya standar lah parkir di pinggir jalan raya.

Jika ingin datang ke lokasi ini sebaiknya anda berangkat lebih awal, misalnya antara pukul 11-12 siang atau pukul 5-7 malam, supaya tidak kehabisan menu yang diincar.


Harga

Harga menu di rumah makan ini mulai dari Rp 17.000 belum termasuk nasi.

Lokasi 

Jl. Urip Sumoharjo No.133, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222.

Jam Buka

Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 11.00 – 21.00 WIB.


→ 21 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published.