Konon Toko Roti Go adalah salah satu toko roti tertua di Indonesia. Meski sang pemilik enggan mengklaim status itu karena tak ada data resmi sebagai pendukung. Sudah ada sejak tahun 1898, dengan resep turun temurun yang dipertahankan demi menjaga kualitas dan nilai sejarahnya.

Nama Roti Go diambil dari nama pemilik terdahulu, yaitu Go Kwe Ka yang merupakan pasangan dari Oei Pak Ke Nio. Kini toko roti ini dikelola oleh generasi penerusnya yang masih merupakan cucu dari pendirinya, yaitu pasangan Pararto dan Rosani Wiogo.

Toko Roti Go Purwokerto
Toko Roti Go Purwokerto

Lokasinya sangat mudah ditemukan di pusat kota, tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman No. 724 Purwokerto. Menempati bangunan sederhana, klasik dan bersih. Lokasi ini sangat dekat dengan Pasar Wage.

Saya sendiri sangatlah tidak asing dengan daerah ini, karena dulu pernah tinggal selama 3 tahun di Kota Satria ini, yang mana kosan juga dekat dengan Pasar Wage, ya tapi namanya anak sekolah jaman dulu, jangankan jajan roti, tiap hari ga makan mendoan sama dage aja udah sangat bersyukur, dengan sesekali diselingi rica² basur, bakso Pak Minto atau bakso Wahyuningsari 😄.

Roti yang dijual di sini menggunakan resep tradisional yang tentunya tanpa bahan pengawet, pemanis, pengembang maupun pewarna. Roti hanya awet rata-rata selama tiga hari. Oleh karena itu produksi dilakukan setiap hari. Adonan dibuat dari bahan alami dan diolah dengan tangan. 

Varian roti yang dijual di sini sangatlah beragam, di antaranya roti manis, roti sobek, dan roti-roti tradisional lainnya. Isinya pun lebih bervariasi dari yang dulunya berisi pisang, cokelat, dan kranten, sekarang sudah ada sekitar 80 varian roti dan sekitar 10 jenis cake. Andalan mereka antara lain roti kopi brood, dan roti sobek isi daging ayam kampung.

Beberapa kue tradisional di Toko Roti Go
Beberapa kue tradisional di Toko Roti Go

Saya sendiri mencoba roti cokelat dan roti kismis waktu ke sini dan itu emang enak banget si. Sangat lembut dan isiannya itu ga nanggung-nanggung dikasih banyak banget.

Harga roti di sini pun sangat beragam mulai dari Rp 5.000 sampai puluhan ribu rupiah, tergantung dari jenis rotinya. Seperti lumayan murah, tapi rasanya tetap enak dan bikin ketagihan.

Karena daya tahan rotinya yang tidak terlalu lama, makanya jarang sekali beredar di daerah lain untuk digunakan sebagai oleh-oleh.

Kalau mampir ke Purwokerto, saya sangat menyarankan untuk mampir ke sini ya, demi bertahannya warisan kuliner nusantara yang satu ini.


Harga

Harga di toko roti ini mulai dari Rp 5.000.

Lokasi 

Jl. Jend. Sudirman No. 724, Purwokerto Wetan, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53147.

Jam Buka

Toko roti ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 19.00 WIB.


→ 95 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *