KRL Jogja-Solo bisa dibilang sekarang adalah transportasi favorit jika ingin bepergian antar kota antar propinsi di selatan Jawa Tengah ini. Yaitu antara plat AB dan plat AD. Mulai beroperasi pada 10 Februari 2021 dengan tarif Rp 8.000. Ketersediaan kereta dalam sehari sebanyak 20 kali atau 10 perjalanan pulang-pergi.

KRL Jogja-Solo
KRL Jogja-Solo

Sebelumnya saya juga pernah menuliskan tentang moda transportasi dari Jogja ke Solo atau sebaliknya sebelum era KRL ini. Dan tentunya ada peningkatan yang sangat signifikan. Terutama secara pengalaman dalam melakukan perjalanannya. Yang biasanya harus membeli tiket terlebih dahulu, sekarang tinggal tap tap pakai kartu dompet digital di mesin gate KRL. Sudah seperti di sekitar ibukota lah.

KRL Jogja-Solo dan Kereta Bandara
KRL Jogja-Solo dan Kereta Bandara

Yang sangat kentara perbedaannya tentu saja dari jumlah penumpang. Di area Jogja – Solo belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan yang ada di ibukota. Namun, itulah sisi kenyamanan yang masih bisa dinikmati. 

Selain itu, karena keduanya merupakan kota wisata, sehingga sebelum naik KRL ini kita pun bisa jalan-jalan atau kuliner terlebih dahulu. Masing-masing punya keunikan sendiri. Jika di Jogja kita bisa jalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke area Malioboro, maka jika di Solo uniknya adalah Stasiun Solo Balapan yang sudah terintegrasi dengan Terminal Tirtonadi dan Stasiun Bandara Adi Sumarmo.

Yogyakarta

Surakarta

KRL Jogja-Solo juga tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti AC, dan sandaran yang nyaman, sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang selama perjalanan.

KRL Jogja-Solo yang nyaman
KRL Jogja-Solo yang nyaman

Harga tiketnya sendiri sangat terjangkau, dimana harga tiket masih sama seperti disebutkan di awal postingan ini. Dengan harga yang murah ini, kita bisa melakukan perjalanan antar kota dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan biaya yang mahal. Bonus efisiensi waktu karena tidak harus menembus barisan lampu merah yang sangat mantap dari Jogja, Klaten hingga Solo.

Untuk jadwal dan rute perjalanan KRL Jogja-Solo, kita bisa mengakses informasi terbaru di situs web resmi PT. KAI Commuter. Pastikan selalu memeriksa jadwal terbaru untuk memastikan kepastian perjalanan. 

Itulah beberapa keunggulan dan informasi penting tentang KRL Jogja-Solo sebagai moda transportasi antar kota. Dengan berbagai fasilitas dan harga yang terjangkau, KRL ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk perjalananmu selanjutnya. Selamat berwisata dan selamat menikmati perjalanan dengan transportasi ini ya!


→ 52 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

2 comments

  1. The Jogja-Solo KRL is also of course equipped with adequate facilities, such as air conditioning and comfortable backrests, thus providing comfort for passengers during the journey. The most recommended tour, thank you for the information. Please visit our website for further information

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *