Naik Kereta dari Solo ke Jogja

Sekarang jika ditanya transportasi apa yang harus digunakan jika ingin bepergian dari Solo ke Jogja jawabannya sangatlah mudah. Salah satu moda transportasi paling reliabel di jalur ini adalah kereta api.

Selain waktu tempuh yang cepat, pilihan jam keberangkatan yang beragam, tempat pemberangkatan yang nyaman, cara pembelian tiketnya pun sekarang sudah sangat mudah. Apalagi sekarang ada layanan seperti Traveloka, yang memfasilitasi pembelian tiket sehingga kita tak perlu lagi antri di stasiun. Bagi kalian yang akan bepergian dari dan atau ke dua kota ini sekarang ga perlu ragu, yuk naik kereta dari Solo ke Jogja dengan Traveloka.

Berbeda dengan moda transportasi lain yang rata-rata ditempuh lebih dari 1 jam atau bahkan 2 hingga 3 jam, dengan kereta api yang kini sudah menggunakan double track dari Solo ke Jogja ataupun sebaliknya bisa ditempuh sekitar 1 jam saja.

Pilihan keretanya pun beragam, baik jarak dekat atau jauh. Beberapa kereta yang melewati jalur ini antara lain :

Prambanan Ekspres (Prameks)

Prambanan Ekspres

Kereta Prameks sudah ada sejak tahun 1994 melayani rute Yogyakarta – Solo PP. Yang dulunya terdiri dari empat rangkaian kereta kelas bisnis yang ditarik oleh lokomotif diesel dengan tarif Rp 2.000,- sekarang sudah menjadi rangkaian kereta C-KRDE berwarna merah yang pernah digunakan untuk kereta-kereta api komuter lainnya di Jawa serta merupakan bekas KRL Holec, bersamaan dengan KRDE kuning maupun KRDH jingga. Tarifnya pun menyesuaikan Solo – Jogja Rp 8.000,- sedangkan Solo – Kutoarjo Rp 15.000,-. 

KA Prameks berhenti di Stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan.

Solo Ekspres (Soleks)

Solo Ekspres

Kereta Api Solo Ekspres merupakan kereta api komuter bandara kelas eksekutif yang melayani rute Solo Balapan – Kutoarjo dan sebaliknya. Kereta ini baru ada sejak pertengahan tahun 2018. Sebelumnya diproyeksikan untuk integrasi dengan bandara Adi Sumarmo di Boyolali, tetapi karena jalurnya belum siap sehingga diluncurkan terlebih dahulu untuk rute seperti Prameks.

Karena kelasnya merupakan kelas eksekutif, tarifnya pun lebih mahal dibandingkan Prameks, yaitu Solo – Jogja Rp 45.000,- sedangkan Solo – Kutoarjo Rp 60.000,-.

KA Soleks berhenti di Stasiun Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan.

KA Sidomukti

Kereta api Sidomukti ini awalnya hanyalah kereta yang membantu meningkatkan okupansi kereta api rute Solo-Yogyakarta dan sebaliknya pada tahun 2013. Karena sudah ada Prameks, Sriwedari, maupun Madiun Jaya. Namun, masih banyak penumpang yang kadang kehabisan tiket, terutama di hari sabtu, minggu atau hari libur.

Kini KA Sidomukti sudah menjadi kereta reguler, tetapi jadwalnya tidak sesering kereta Prameks pendahulunya. Rangkaiannya pun berbeda, kereta ini menggunakan gerbong eksekutif dan ekonomi AC premium seperti kereta jarak jauh.

Dari segi harga, masih di tengah antara Prameks dan Soleks. Tarif untuk kereta ini adalah Rp 20.000,-. 

KA Sidomukti berhenti di Stasiun Yogyakarta, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan.

KA Joglosemarkerto

Kereta api Joglosemarkerto merupakan kereta eksekutif dan ekonomi AC plus yang melayani rute lingkar Solo-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang baik searah maupun berlawanan arah jarum jam.

Jalur Joglosemarkerto

Diluncurkan pada bulan Desember 2018, kereta ini difungsikan untuk melebur dua layanan kereta api yang telah ada sebelumnya, Kamandaka dan Joglokerto, demi penyederhanaan pelayanan sekaligus meningkatkan okupansi rute Yogyakarta–Semarang tanpa perlu transit/berganti dengan kereta api lain di Stasiun Purwokerto dan Solo Balapan.

Kereta api ini membantu tugas Kereta api Prambanan Ekspres dan Kereta api Solo Ekspres untuk lintas Kutoarjo-Solo, Kereta api Sidomukti untuk lintas Jogja-Solo, Kereta api Kaligung untuk lintas Semarang-Tegal, dan Kereta api Kalijaga untuk lintas Semarang-Solo karena okupansinya yang bagus.

Tarifnya sangat beragam tergantung dari stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, karena sudah bukan lagi kereta api lokal.

Misalnya untuk rute looping penuh dari Solo Balapan–Solo Balapan, Yogyakarta–Yogyakarta, Lempuyangan–Lempuyangan, Klaten–Klaten, Semarang–Semarang, Purwosari–Purwosari untuk eksekutif Rp 280.000,- dan ekonomi Rp160.000,-, sedangkan untuk Solo-Jogja sendiri untuk eksekutif adalah Rp 56.000,- dan ekonomi Rp 32.000,-.


Banyak sekali bukan pilihannya. Selain itu, masih ada pilihan lain seperti kereta jarak jauh yang bisa digunakan, seperti relasi Solo-Bandung, Solo-Jakarta, Bandung-Malang, Jogja-Malang, dll.

Selain nyaman dan tepat waktu, naik kereta juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Jadi sangat direkomendasikan sekali.

Selamat mencoba ya! 😀


๏ 459 readers

2 Comments

  1. Wadaw sekarang kontennya begindang ya

    Biar gak oot, jalur jogja solo ini peer banget sih kalau lewat jalur biasa, belum ada tol dan kemungkinannya kecil karena Gubernur Jogja gak pengen ada tol masuk, padahal jalanan arteri sudah sangat tidak kondusif untuk dilalui. Gw sih pengen banget Solo-Jogja ini ada tol, biar arus orang dan barang lebih cair. Ya semoga aja kedepannya ada tol ya biar Solo-Jogja lebih lancar lagi.

Leave a Reply