Berada di tengah kota Solo, Rumah Makan Adem Ayem sudah melayani pelanggannya dari tahun 1969. Sudah lebih dari 50 tahun dan masih bertahan hingga sekarang. Tempatnya memang sangat strategis, di salah satu jalan utama tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No.342, Penumping, Laweyan. Seberang Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung dan dekat dengan kawasan Taman Sriwedari. Sangat mudah sekali ditemukan.

Rumah Makan Adem Ayem Solo
Rumah Makan Adem Ayem Solo

Gudeg menjadi menu istimewa di tempat ini, selain itu juga ada menu lainnya yang menjadi ciri khas Kota Solo. Sekilas Gudeg yang disajikan mirip dengan Gudeg Yogya, tetapi rasa yang ditawarkan memiliki perbedaan. Gudeg Solo rasanya gurih, berbeda dengan Gudeg Yogya yang cenderung manis. Rasa gurih cukup dominan yang diimbangi dengan pedasnya sambal goreng krecek, dan ketika berasa pedas maka ada telur yang bisa menetralisirnya.

Untuk harga nasi gudeg istimewa ini seporsinya Rp30 ribu, tak murah, namun juga tak terlalu mahal. Sesuai lokasinya.

Selain gudeg, ada juga menu ayam, harganya seekor ayam goreng adalah Rp 130 ribu, sepotong ayam goreng Rp 30 ribu. Masih standar lah untuk rumah makan yang lokasinya memang di jalan utama. Dan masih banyak menu makanan lain yang bisa dicoba mulai dari masakan nusantara seperti nasi langgi, nasi rawon, nasi pecel, nasi liwet, soto bakso, timlo hingga masakan oriental seperti nasi goreng, bistik, bihun, bakmi sampai seafood. Lengkap sekali.

Saya sendiri ke sini agak tidak sengaja karena waktu itu posisi sudah mau pulang dari Solo dan sepertinya beberapa tempat makan sudah pernah, jadinya cari-cari aja googling dan ketemulah rumah makan ini yang sepertinya menarik. Menunya banyak dan pasti sekeluarga doyan semua, langsung tanpa pikir panjang melipir ke sini.

Tempatnya sangat nyaman, luas bisa ngajak banyak orang untuk makan di sini tanpa khawatir ga dapet tempat duduk, cuma memang tempat parkirnya yang terbatas karena di pinggir Jalan Slamet Riyadi dan tidak ada halaman untuk parkirnya.

Rumah Makan Adem Ayem Solo - Ayam Goreng & Nasi Liwet
Rumah Makan Adem Ayem Solo – Ayam Goreng & Nasi Liwet

Dan ya, memang menu di sini bisa dijadikan pilihan ketika kalian sudah mulai bosan dengan menu yang manis-manis yang jawa banget. Di sini menu-menunya cenderung gurih jadi less sweet dari menu kuliner yang mungkin sudah sangat mainstream atau viral.

Selamat mencoba ya.


Harga

Harga di rumah makan ini satu porsi mulai dari Rp 25.000.

Lokasi 

Jl. Slamet Riyadi No. 342, Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141.

Jam Buka

Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 06.00 – 21.00 WIB.


→ 22 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *