Hands On Myo Armband

Di sekitar bulan Maret hingga Mei yang lalu saya ada project tugas kuliah untuk membuat Game 2 dimensi dengan menggunakan Myo Armband sebagai kontrolnya.

Myo Armband sendiri merupakan Ban Lengan / Gelang yang dikembangkan oleh Thalmic Labs yang bisa digunakan mengontrol dan menghasilkan perintah dari jari atau gerakan tangan melalui perangkat Bluetooth. Myo mampu mengukur aktivitas listrik dalam otot-otot secara langsung, alhasil pengguna dapat berinteraksi dengan komputer tanpa menyentuhnya.

Untuk development aplikasi clientnya saya menggunakan Unity dengan bahasa pemrograman C#, assetnya menggunakan Unity Asset dan interaksi dengan perangkat ke komputer menggunakan Myo Armband API. Sedangkan untuk server API-nya menggunakan PHP and MySQL.

MyoGesturesAPI yang saya gunakan juga masih API standar seperti : Wave In, Wave Out, Spread dan Double Tap.

Hasilnya?

Hahaha, jelas tidak secanggih yang dibayangkan.

Ekspektasinya pasti bakal seperti ini.

Tapi ternyata cuma bisa buat yang kayak gini.

Tapi udah lumayanlah dan cukup asik buat dimainin gamenya, wkwk.

Beberapa temen saya pastinya ada yang bikin lebih bagus, seperti Dart, Tembakan dan Kamehameha. Sudah pernah saya tulis juga di sini dan di sini.

IMG_1830

Begitulah sedikit pengalaman saya membuat suatu game dengan kontrol wearable device. Tertarik atau masih penasaran? Sudah banyak contoh development dari situs Thalmic untuk developer. Silahkan untuk berselancar ke sana 😀

๏ 153 readers

2 thoughts on “Hands On Myo Armband”

Leave a Reply