Pantai Pandawa Bali

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata Kabupaten Badung, Pantai Pandawa Bali ini dulunya lebih sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri dan disebut sebagai Secret Beach, karena memang lokasinya tidak terlalu mudah dijangkau.

Warga lokal lebih sering menyebutnya sebagai Pantai Kutuh karena lokasinya di Desa Adat Kutuh.

Gerbang Pantai Pandawa
Gerbang Pantai Pandawa
Patung Panca Pandawa
Patung Panca Pandawa

Yang paling khas dari Pantai Pandawa adalah adanya Patung Panca Pandawa dan Dewi Kunti yang diukir di tebing batu sebelah kiri sebelum memasuki area pantai dan jalan menuju pantai yang membelah tebing kapur yang menjulang tinggi.

Setelah memasuki area pantai, kita akan disuguhkan dengan pantai pasir putih kekuningan yang masih bersih dan ombak yang tidak terlalu besar.

pantai-pandawa-3

pantai-pandawa-6

pantai-pandawa-4

pantai-pandawa-5

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa ini. Mulai dari cuma makan minum, duduk santai di pinggir pantai, bermain kano/kayak hingga pijit.

Atau kalau masi kurang kerjaan bisa foto-foto geje seperti kami ini, wkwk.

Saya, Joel, Riwe, Riezan, Mira
Saya, Joel, Riwe, Riezan, Mira

Sayangnya kami ke sana melewatkan satu hal yang menjadi daya tarik lain dari pantai ini, yaitu melihat proses budidaya rumput laut. Penduduk di sekitar pantai ini merupakan nelayan yang sekaligus melakukan budidaya rumput laut dan biasanya banyak dijemur di pinggir pantai.

Hal lain yang membuat pantai ini seakan tiba-tiba jadi populer ternyata adalah seringnya digunakan sebagai lokasi syuting FTV di Indonesia, haha.

Untuk menuju ke pantai ini lebih enak menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, karena sepertinya belum banyak angkutan umum yang sampai ke lokasi dekat pantai ini.

Mungkin itu sedikit cerita tentang Pantai Pandawa, masih bakal lanjut dengan pantai-pantai lain di kawasan Bali Selatan! 😀

๏ 154 readers

2 thoughts on “Pantai Pandawa Bali”

  1. Pingback: Pantai Balangan Bali — Arif Setiawan

  2. Pingback: Tempat Wisata di Bali Yang Sudah Populer Sampai ke Luar Negeri — Arif Setiawan

Leave a Reply