Menjadi Volunteer yang Peduli Sesama dan Lingkungan di Indocharity

Menyisihkan waktu di akhir pekan untuk kegiatan yang bersifat sukarela bagi para penduduk atau pekerja di kota metropolitan menurut saya bukanlah hal yang mudah. Apalagi kegiatan yang bersifat sosial yang berkaitan dengan masyarakat dan lingkungan.

Oleh karena itu, saya sangat salut dan apresiasi banget dengan teman-teman yang masih bisa menyempatkan diri untuk melakukannya di tengah segala kesibukannya. Mungkin yang bisa melakukan itu hanyalah yang punya “panggilan jiwa” tersendiri.

Salah satunya yaitu yang dilakukan oleh teman-teman saya di komunitas Indocharity atau sering disebut ICHI. Teman-teman saya jal, padahal cuma kenal si Mira, haha.

Kebetulan saya pernah diajakin ikut kegiatannya 2 kali, yang pertama berkunjung ke Rumah Belajar di Kalibata dan yang kedua acara Bukan Buka Biasa. Dan ternyata kegiatannya banyak.

Rumah Belajar

Rumah Belajar ICHI

Rumah Belajar yang ada di Kalibata ini kegiatannya seminggu sekali setiap hari minggu pagi buat belajar bareng tentang macem-macem, mulai dari ilmu pengetahuan, bahasa inggris hingga budaya. Murid-muridnya adalah anak-anak kaum marjinal yang tinggal di pinggiran sungai Ciliwung.

Bukan Buka Biasa

Kegiatan lain yang pernah saya ikuti adalah acara Bukan Buka Biasa. Ga biasa karena konsep kegiatannya adalah buka puasa bersama yang ga hanya dengan adik-adik Rumah Belajar Kalibata tapi juga digabung bersama dengan Panti Asuhan di daerah Jakarta.

Persiapan Ikut Acara

Untuk kegiatan yang hampir seharian ini ternyata banyak persiapannya. Karena di saat ngabuburit adik-adik harus menampilkan “sesuatu” sebagai pengisi acaranya, hehe. Luar biasa ini pasti dari mulai sesi latihan hingga bisa tampil di acara.

Acara Ngabuburit

Kegiatan dibagi meenjadi beberapa sesi. Setelah sesi ngabuburit sambil menunggu waktu buka puasa tiba, sesi yang paling dinanti oleh adik-adik pastinya makan bareng dan dapat bingkisan, hehe.

Buka Bersama

Dilanjutkan dengan sholat berjamaah dan penutupan. Di akhir acara masih ada pembagian tugas buat nganter pulang adik-adiknya dan atau beresin printilan-printilan lainnya. Luar biasa.

Tim Indocharity n Friends di BBB

Terima kasih Tim Indocharity sudah mengajarkan untuk berbagi dengan cara yang tidak biasa. Semoga semakin bermanfaat kegiatan-kegiatannya.

Bagi teman-teman yang merasa “terpanggil” dan berminat bergabung syaratnya utamanya cuma harus membawa semangat positif dan sehat agar bisa ditularkan pada adik-adiknya. Syarat lainnya ada di sini.

 

๏ 45 readers

1 thought on “Menjadi Volunteer yang Peduli Sesama dan Lingkungan di Indocharity”

Leave a Reply