#NolKilometer Banjarmasin

Banjarmasin adalah salah satu kota di Pulau Kalimantan yang mempunyai julukan Kota Seribu Sungai. Julukan seribu sungai didapat karena di Kota Banjarmasin sendiri mengalir lebih dari 60 sungai. Sungai-sungai di Banjarmasin digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana transportasi dan kegiatan sehari-hari. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya pasar terapung yang sangat populer dijadikan iklan di salah satu stasiun televisi pada jamannya.

Banjarmasin juga merupakan Kota Niaga karena merupakan gerbang penghubung antara Pulau Kalimantan dengan Pulau Jawa maupun dengan Pulau Sulawesi. Pelabuhan yang cukup besar dan sudah beroperasi selama puluhan tahun menjadi pintu keluar masuk untuk kegiatan perekonomian Pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan.

Titik Nol Kilometer

Titik nol kilometer Kota Banjarmasin sendiri ada di kawasan Taman Siring di tepi Sungai Martapura, tepatnya di seberang Eks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Titik Nol Kilometer Banjarmasin

Area ini dikelilingi oleh berbagai tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata di dalam Kota Banjarmasin sendiri seperti Taman Siring, Menara Pandang Banjarmasin, Pasar Terapung Tendean, Siring Tendean, serta Sungai Martapura itu sendiri.

Dan ternyata Kota Banjarmasin ini sedikit mirip dengan Kota Bandung, dimana letak titik nol kilometernya sedikit jauh dan tidak terletak di sekitar Balai Kota maupun alun-alunnya.

Kebetulan saya ke sini di waktu malam hari, jadi tidak bisa menikmati keindahan Sungai Martapura beserta pasar terapungnya yang ramai di pagi hari. Padahal itulah yang menjadi salah satu daya tarik yang paling dicari di Kota Banjarmasin ini.

Mungkin itu sedikit cerita dari kunjungan ke Titik Nol Kilometer Banjarmasin, bagi yang berkesempatan ke sana jangan lupa untuk mencoba pengalaman berbelanja di pasar terapung dan naik ke Menara Pandangnya ya.

Selamat Berkunjung! 😀

๏ 43 readers

One Reply to “#NolKilometer Banjarmasin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *