Berwisata di Sekitar Jakarta

Genap sudah setahun saya menjalani karir sebagai fulltime remote worker, berarti sudah selama 6 bulan pula saya meninggalkan Jakarta. Salah satu keuntungan yang sangat signifikan sebagai remote worker adalah saya bebas bekerja di mana saja tanpa batasan lokasi, asalkan ada koneksi internet yang memadai sudah cukup. Namun, dengan status pekerjaan seperti ini bukanlah hal yang tanpa tantangan, mulai dari membagi waktu, motivasi melakukan pekerjaan, hingga menjawab pertanyaan dari tetangga soal pekerjaan yang digeluti sekarang. 

Jakarta
Sumber : nowjakarta

Dengan Jakarta, kadang memang ada love-hate relationship. Tempo kehidupan yang lebih cepat, modernisasi, teman-teman, kontroversi, macet dan hal-hal lain yang mungkin hanya ada di sana. Namun, dengan segala hiruk pikuk dan permasalahan yang ada di sana, Jakarta ternyata masih bisa juga menawarkan pesona wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Memang untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal kita belum bisa mengandalkan sepenuhnya pada transportasi publiknya, terutama dari segi waktu yang bisa terbuang di jalan, tetapi tenang, sekarang sudah banyak rental mobil dengan harga terjangkau yang lepas kunci. Harga murah rental mobil di Jakarta tanpa sopir pun sudah banyak yang bisa dipesan online. Sangat mudah sekali, dan menurut saya akan lebih memberikan pengalaman yang maksimal, karena kita bisa mengunjungi berbagai tempat dengan lebih fleksibel.

Beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya yang sulit ditemukan di daerah lain dan menurut saya lebih nyaman jika menggunakan mobil ke sana, antara lain.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Lokasinya di daerah Angke, Jakarta Utara. Selain sebagai tempat wisata yang menyuguhkan pesona alam yang indah dan udara segar di sekitar Jakarta, tujuan utama dari Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk ini sebenarnya adalah untuk mencegah erosi pantai di sekitar Jakarta serta sebagai tempat konservasi dan edukasi tentang mangrove. 

Berada di sini bisa berasa seakan kalian tidak berada di Jakarta.

IKEA

IKEA
Sumber : ikeajakarta

IKEA merupakan sebuah peritel perabot rumah tangga yang berasal dari Swedia. Ikea yang berada di Alam Sutera, Tangerang merupakan toko ke-364 dari semua toko yang tersebar di 46 negara di berbagai belahan dunia.

Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Biasanya, toko IKEA terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu juga terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia, yang paling signature adalah Bakso Swedia.

Oleh karena itu, selain sebagai toko ritel, IKEA sudah bisa menjadi salah satu tujuan wisata.

BSD City

Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD City merupakan salah satu kota satelit terencana yang sudah ada sejak tahun 1984 yang awalnya ditujukan untuk menjadi kota mandiri, di mana semua fasilitas disediakan di kota tersebut termasuk kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, sekaligus perumahan. BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, AEON Mall dan Teraskota. Di sini juga beberapa tempat rekreasi menarik seperti OceanPark Water Adventure yang merupakan salah satu Thematic Waterpark terbesar di Asia Tenggara.

Pasar Modern BSD
Sumber : bugatan

Jika kita ingin melihat bagaimana kehidupan di sebuah kota modern yang mungkin cukup livable bisa berkunjung ke sini. Saya sendiri pernah ke pasar modern BSD, kondisinya nyaman, bersih dan banyak sekali jajanan kuliner yang ada di sana, salah satu yang selalu ramai adalah Roti Nougat. 

Kebun Raya Bogor dan sekitarnya

Istana Bogor
Sumber : datawisata

Jika bingung dan mulai penat dengan kondisi Jakarta, paling benar memang jika bergeser sedikit menjauh ke Bogor. Kebun Raya Bogor mulanya merupakan bagian dari hutan buatan yang sudah ada sejak masa Prabu Siliwangi. Yang paling menarik perhatian tentu saja keberadaan Istana Bogor yang ada di bagian sudutnya. Bentuk yang sekarang merupakan prakarsa dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani pada tahun 1800-an.

Dengan luas sekitar 87 hektar dan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, kita sudah bisa berwisata alam dengan nyaman.

Di sekitarnya juga sudah ada berbagai macam wisata kuliner dan tempat nongkrong yang tidak boleh dilewatkan, ditambah suasana yang cenderung sejuk.


Mungkin itu saja beberapa tempat yang menurut saya bisa lebih nyaman dijangkau menggunakan mobil di sekitaran Jakarta. Bagi yang punya pendapat lain bisa ditulis di kolom komentar ya. 

Selamat mencoba! ๐Ÿ˜€


เน 33 readers

2 Comments

  1. Bogor, muaaaah

    Jakarta, antara benci dan rindu.
    Benci dengan segala kenegatifannya, rindu pun dengna segala kenegatifan yang cuman ada di Jakarta, hahahaha

Leave a Reply