Tengkleng Bu Pon Solo

Tengkleng kini merupakan salah satu ikon kuliner dari Kota Solo. Meskipun begitu, makanan ini ternyata tidak semudah itu untuk didapatkan. Pengalaman saya sendiri mencari tempat untuk menikmati tengkleng harus sampai berpindah ke 3 lokasi sendiri. Karena sudah pada habis. Luar biasa, udah kayak flash sale aja ini nyari tengkleng.

Tengkleng adalah olahan daging kambing  dengan bahan utama jeroan kambing dan tulang-tulang serta iga kambing. Berbeda dengan gulai, tengkleng kuahnya tidak terlalu kental, di tengah-tengah antara sup kambing dan gulai kambing.

Dahulu, daging kambing hanya dinikmati oleh kaum bangsawan, pejabat Belanda atau priyayi di istana. Bagi kaum biasa, menyantap daging kambing merupakan hal yang mewah. Rakyat biasa hanya mampu membeli bagian tulang atau jeroan yang tidak digemari para priyayi.

Kemampuan memasak yang dimiliki masyarakat Jawa khususnya Solo, membuat tulang (yang tentunya masih menempel sedikit daging) atau jeroan kambing tersebut menjadi santapan yang tak kalah nikmat dengan olahan daging kambing yang biasa disantap kaum bangsawan.

Kini tengkleng bukan lagi makanan murah. Tengkleng telah naik kelas menjadi makanan mewah yang diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota Solo.

Tengkleng Bu Pon

Warung Tengkleng Bu Pon

Salah satu warung tengkleng favorit di Kota Solo adalah Tengkleng Bu Pon ini. Meskipun ini bukan prioritas pertama saya saat itu karena yang lain sudah habis, tetapi masih tetap salah satu yang terbaik.

Warungnya berada di pinggir jalan dan dekat sungai, tidak terlalu besar, tetapi jangan salah, ternyata tidak pernah sepi pengunjung.

Tengkleng Bu Pon yang selalu ramai

Sampai di sana saya dan keluarga saya langsung tidak sabar untuk memesan dan menyantap hidangan khas Kota Solo sejak abad ke-19 ini.

Tengkleng Bu Pon

Yang sangat khas dari Tengkleng Bu Pon adalah rasa gurih dari kuahnya yang cukup kuat, serta terdapat cabai rawit utuh di dalamnya sehingga menimbulkan rasa pedas yang akan bisa temukan di tengkleng. Dan isinya cukup lengkap, ada iga, sumsum, dan bagian kepala kambing. 

Untuk harganya jangan khawatir, untuk satu porsi tengkleng mulai dari Rp 25.000 saja. Ditambah dengan es teh atau es jeruk sudah sangat nikmat sekali, apalagi bagi kalian pecinta kuliner kambing, haha.


Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Solo, coba sempatkan buat cobain masakan tengklengnya ya, karena kemungkinan cita rasanya akan sedikit berbeda jika dimasak di daerah lain.


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 25.000 per porsinya.

Lokasi

Shelter Lojiwetan, Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

Jam Buka

Tengkleng Bu Pon buka setiap hari pukul 09.00 – 14.00 WIB


๏ 75 readers

Leave a Reply