Surabaya adalah ibukota dari Jawa Timur yang sangat terkenal dengan Patung Sura dan Baya. Selain itu, Surabaya juga disebut dengan kota Pahlawan karena sejarahnya yang luar biasa. Wisata-wisata di Surabaya juga tidak kalah unik dan menarik dengan kota lainnya. Inilah wisata-wisata unik yang ada di Surabaya.

Patung Sura dan Baya
Patung Sura dan Baya
sumber : misteraladin

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan
sumber : wikipedia

Tugu ini menjadi ikonik Surabaya yang wajib untuk dikunjungi pertama kali ketika sampai di Surabaya. Tugu ini dibuat untuk mengingat peristiwa 10 November 1945 yang mana para pahlawan Surabaya berjuang untuk merdeka dari jajahan Belanda dan juga Inggris.

Tugu Pahlawan ini dikelilingi dengan rumput hijau yang terbentang sehingga pemandangannya terlihat lebih asri. Selain itu, tempat ini tidak dipungut biaya apapun dan para pengunjung bebas datang kapan saja. Disana para pengunjung juga bisa belajar mengenai sejarah dari kota Surabaya dari foto-foto yang diletakkan di sekitar Tugu Pahlawan ini.

Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing
Monumen Bambu Runcing
sumber : dolandolen

Tidak hanya Tugu Pahlawan saja, namun Monumen Bambu Runcing juga sangat bersejarah. Hal ini dikarenakan monumen ini membuktikan seberapa kerasnya perjuangan para pahlawan untuk mengusir para penjajah. Di sekeliling monumen ini juga terdapat air mancur dan taman sehingga sangat indah untuk dijadikan spot berfoto. 

Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho
Masjid Muhammad Cheng Ho
sumber : ksmtour

Jika di Semarang terkenal dengan Kelenteng Agung Sam Poo Kong, kota Surabaya juga memiliki Masjid Muhammad Cheng Ho. Kedua bangunan ini adalah tempat beribadah hasil peninggalan Laksamana Cheng Ho. Masjid ini terletak di Gading No.2 Ketabang, Genteng, Kota Surabaya.

Masjid Muhammad Cheng Ho adalah wisata religi yang sangat unik dan menarik. Hal ini dikarenakan masjid ini memadukan 2 budaya yang berbeda dari Arab dan Tiongkok. Masjid ini dapat digunakan untuk beribadah oleh para muslim dan juga dijadikan sebagai tempat wisata yang berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo
sumber : gomuslim

Siapa bilang Surabaya tidak memiliki wisata alamnya? Meskipun wisata Surabaya lebih dominan buatan manusia, namun disana juga ada wisata alamnya yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat yang dimaksud adalah Hutan Mangrove Wonorejo. Hutan ini berlokasi di Jl.Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Surabaya.

Pemandangan Hutan Mangrove ini sangat indah yang bisa Anda nikmati dengan cara berjalan menyusuri jalan kecil yang terbuat dari kayu. Tidak hanya berjalan kaki, namun Anda juga bisa menggunakan boat untuk menyusuri hutan ini. Suasana di hutan ini sangat sejuk sehingga dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih segar dan depresi pun hilang. Harga tiket masuk ke Hutan Mangrove ini cukup terjangkau karena Anda hanya perlu menyiapkan uang senilai Rp 25.000 saja.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark Surabaya
Ciputra Waterpark Surabaya
sumber : ciputrawaterparksurabaya

Inilah wisata air terbaik yang ada di Surabaya. Ciputra Waterpark ini menyediakan berbagai kolam renang dan juga permainan air yang sangat aman untuk anak-anak. Selain wahana airnya yang lengkap, Ciputra Waterpark juga mengangkat tema 1001 malam sehingga para pengunjung akan merasa seperti berada di cerita dongeng. Tempat ini hanya buka pada hari Selasa sampai Minggu. Untuk hari biasa, Ciputra Waterpark buka mulai dari pukul 1 siang sampai 7 malam. Sedangkan, ketika akhir pekan tempat ini buka lebih pagi yaitu dari jam 10.00 dan tutup jam 19.00. Harga tiket masuknya cukup mahal yaitu Rp 110.000 (weekdays) dan Rp 130.000 (weekend).

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay
Surabaya North Quay
sumber : explorewisata

Tempat wisata unik yang terakhir adalah Surabaya North Quay. Tempat ini berada di Perak Utara atau di area pelabuhan Tanjung Perak. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati sunset. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang sangat suka berburu foto untuk diupload ke sosial media.

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat mendapatkan makanan karena disana terdapat foodcourt dengan menu-menu khas dari kota Surabaya. Surabaya North Quay buka setiap hari pada siang hari. Namun, di hari minggu tempat ini mulai beroperasi mulai dari jam 9 pagi. Untuk memasuki tempat ini, Anda hanya perlu membayar biaya parkir Rp 5.000 (motor) dan Rp 7.500 (mobil).


Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, kereta adalah alternatif kedua setelah pesawat untuk menuju ke Surabaya dengan cepat. Selain itu, kereta Jakarta Surabaya juga tersedia setiap saat dengan harga terjangkau sekitar Rp 375.000 sampai Rp 485.000. Harga tersebut tergantung dengan kelas kereta yang Anda pilih, apakah itu ekonomi atau eksekutif. Kereta ini berangkat dari stasiun Gambir dan berakhir di stasiun Surabaya Pasar Turi.


→ 31 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *