Pelajaran dari Archimedes

Ga terasa udah akhir dari bulan Juli. Melihat kebelakang sebulan ini termasuknya banyak kejadian yang terjadi, khususnya pada saya. Terkait dengan perjuangan, pengorbanan, kegagalan, hal baru, hingga pelajaran hidup. Semoga saja apa-apa yang terjadi pada saya bisa menjadikan saya menjadi pribadi yang semakin baik, aamiin.
Oke, mari kita tutup bulan Juli dengan postingan yang sedikit bermanfaat, bukan postingan surhat, hehe.
Jadi siang ini biasa ada kajian ba’da dzuhur, diisi oleh Dr. Adiwijaya. Isinya gimana? Mari disimak ringkasannya.
Dikisahkan dari cerita seorang ilmuwan kuno bernama Archimedes. Suatu hari beliau ditugaskan untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian suatu emas, apa itu emas murni atau bukan. Setelah berselang beberapa waktu yang cukup lama, beliau belum juga bisa menemukan cara yang paling tepat untuk melakukan pengecekan itu. Hingga pada suatu hari pada saat beliau menenanangkan diri dengan berendam pada sebuah bejana besar dan memasukkan tubuhnya ke dalam bejana itu, beliau meneukan fenomena volume air.

 

Apa fenomena yang dimaksud?

Emm.. ko’ malah lupa, haha. Intinya tentang massa jenis air di dalam bejana sama dengan massa jenis benda yang dimasukkan ke dalamnya.
Singkatnya ditemukan suatu formula dari fenomena tadi untuk melakukan pengecekan emas murni dengan menghitung massa jenis dari emas (yang sudah diketahui) dibandingkan dengan massa jenis air.
Apa esensi yang bisa didapat?
Kita sebagai makhluk dituntut tidak hanya untuk bekerja keras dan berpikir cerdas. Namun, juga harus berserah kepada Allah. Contohnya di kisah Archimedes tadi, setelah berusaha cukup lama akhirnya bisa menemukan formula secara `kebetulan`. Dari mana lagi datangnya kebetulan ini jika bukan dari Allah?
Ada juga yang mengatakan bahwa hidup ini cuma di antara huruf B dan D, tetapi masih ada C di antaranya, yaitu Birth, Death and Choice.
Apa yang bisa dilakukan manusia? Ya hanya sekitar huruf C itu.
Selain itu? Ya melakukan 4 hal wajib : shalat, berbuat baik, menjauhi hal buruk dan sabar.
Mungkin itu dulu sedikit ringkasan dari kajian siang tadi, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
#JuliNgeblog #Day31 *ga terasa udah berakhir aja Juli ngeblognya, semoga masih ada lanjutannya setelah ini 😀
@ariffsetiawan

๏ 84 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *