Beberapa bulan yang lalu, saya berkesempatan untuk mengisi kuliah umum Studium Generale di kampus Telkom University (yang dulunya STT Telkom dan IT Telkom), karena dapat invitation dari salah satu temen dan mantan rekan kerja yang menjadi dosen di jurusan Teknik Informatika di sana.

Karena saya bingung mau kasih materi apa, jadinya saya berbagi pengalaman selama mengikuti kompetisi dari jaman kuliah, rutinitas ikutan hackathon tiap tahun, pengalaman bergabung ke startup dan akhirnya memulai sebuah startup.

Materi yang saya bawakan adalah bagaimana mahasiswa dapat berperan di dunia startup (presentasi ada di sini).

***

Hackathon

TechCrunch Hackathon
TechCrunch Hackathon

Nah, kali ini saya mau berbagi seputar pengalaman mengikuti event yang bernama hackathon.

an event, typically lasting several days, in which a large number of people meet to engage in collaborative computer programming.

Secara harfiah, definisi hackathon adalah seperti di atas. Pada intinya adalah sebuah event untuk membuat aplikasi selama kurang lebih 24 jam, kemudian dilakukan presentasi selama 3-5 menit. Biasanya sudah ada tema tersendiri tentang aplikasi apa yang harus dibuat.

r u capek?
r u capek?

Satu lagi yang menjadi ciri khas sebuah hackathon adalah adanya free flow makanan dan minuman selama kompetisi berlangsung.

Startup Asia Bandung 2012

Tim Bodyguide
Tim Bodyguide

Hackathon pertama yang saya ikuti adalah hackathon Startup Asia Bandung di tahun 2012. Saat itu masih mahasiswa, bareng Whe, Dian, dan Bram dengan nama tim BodyGuide, formasi 3 developer 1 designer.

Kenapa namanya BodyGuide?

Saat itu kami membuat aplikasi client untuk penjadwalan kegiatan fitness, menggunakan data dari API Sixreps, social network untuk pegiat fitness, saat itu.

Alhamdulillah, dapet juara 1. Seneng banget abis coding seharian trus dapet duit 5 juta saat status masih mahasiswa, haha.

Startup Asia Jakarta 2013

Startup Asia Jakarta 2013
Startup Asia Jakarta 2013

Hackathon kedua yang saya ikuti adalah Startup Asia Jakarta 2013. Satu tim lagi dengan Whe dan Dian. Dan randomnya ada satu mas-mas yang join satu tim dengan kita di event itu. Saat itu, kami membuat aplikasi Handshak.in, semacam location based business card menggunakan API Nexmo dan Kii.

Kami masuk 10 besar hingga tahap presentasi online menggunakan Google Hangout Indonesia – Hongkong. Tapi sayangnya ga menang.

Hackathon Pemilu API 2014

Aplikasi untuk mengenal kader caleg, Politisee.
Aplikasi untuk mengenal kader caleg, Politisee.

Di tahun 2014 ternyata saya lumayan maruk ikutan hackathon lagi, ada 3 kali, yang pertama adalah Hackathon Pemilu API yang diselenggarakan di Bandung Digital Valley.

Masih satu tim lagi dengan Whe dan Dian, saat itu kami membuat aplikasi Politisee, aplikasi untuk mengenal kader caleg secara online. Hanya masuk 10 besar dan ga menang.

Hackathon Retas Bangsa 2014

Hackathon Retas Bangsa
Hackathon Retas Bangsa

Yang kedua adalah Hackathon Retas Bangsa. Saat itu saya cuma berdua sama Whe, kami membuat aplikasi BeliKeleus, aplikasi untuk manajemen produk UKM di Indonesia yang masih hanya menggunakan instagram.

Hackatron Asia Singapore 2014

Hackatron Asia Singapore
Hackatron Asia Singapore

Yang ketiga merupakan pertama kalinya ikutan event hackathon di luar negeri, yaitu Hackatron Asia Singapore 2014. Saat itu satu tim dengan Dian, Kak Ega (CTO Wavoo), dan satu mahasiswa UI yang sedang menjalani exchange ke NTU yang secara random gabung di lokasi, dan Whe saat itu lagi di Dubai.

Kami membuat aplikasi microdonation menggunakan bitcoin, API Paypal dan Braintree.

Hackathon Merdeka 2015

Hackathon Merdeka 1.0
Hackathon Merdeka 1.0

Di tahun berikutnya, saya masih ikut event hackathon juga, yaitu Hackathon Merdeka 1.0. Saat itu satu tim dengan Whe, Lisa, dan Martin.

Kami membuat aplikasi Limakilo, yang sekarang menjadi startup yang kami tekuni. Dari event ini pulalah kami mengalami berbagai kejadian tak terduga, mulai dari bertemu Presiden Joko Widodo, bertemu dengan orang-orang hebat di dunia social enterprise, pertanian, goverment hingga pengalaman mendapatkan funding dari venture capital.

Hackathon Mandiri 2016

Top 10 Hackathon Mandiri
Top 10 Hackathon Mandiri

Masih berlanjut hingga tahun 2016, saya dan tim Limakilo mengikuti Mandiri Hackathon dengan mengusung aplikasi microfunding yang ada di Limakilo dengan e-cash API.

Saat itu kami mengajak Byan sebagai Android Developer.

Sayangnya kami cuma masuk 10 besar tapi ga menang, tapi lumayan karena masing-masing mendapat Rp 10 juta, haha.

***

Mungkin itu sedikit cerita perjalanan hackathon saya, bagaimana di tahun berikutnya?

Belum tau, tapi yang pasti masih ada cita-cita besar untuk ikut hackathon di ajang yang lebih bergengsi seperti TechCrunch, atau bahkan Facebook dan Google.

๏ 234 readers

3 Replies to “Hackathon

  1. ih kakak..keren bingits sih, wkkkk

    insightnya, tidak ada yg terjadi dalam satu malam ya bonk. tiap taun ikut hackaton dan akhirnya sampai di titik ini. awal dari cerita selanjutnya, hmm..bagaimana 5 tahun lagi. ada di titik mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *