Salah satu yang paling menyenangkan dari Bali selain memang tempat tujuan wisata adalah lingkungan yang working friendly, terutama buat para pekerja yang bekerja secara remote.

Sudah banyak coworking space di sana. Baik di Denpasar maupun kota-kota sekitarnya.

Hubud
Hubud

Salah satu yang pernah saya coba adalah Hubud, Co-Working Space di Ubud. Lokasinya di Monkey Forest Road 88x Ubud.

Coworking space ini merupakan coworking space pertama dan paling terkenal di Bali yang identik dengan bangunan bambu, suasana pinggir sawah dan monyetnya.

Are you ready for office envy?? :))

Main space in Hubud
Main space in Hubud
Hubud's 2nd floor
Hubud’s 2nd floor
Monkey
Monkey

Suasana di sini sangat friendly sekali, tak jarang terlihat orang random buat berbincang baik masalah pekerjaan atau cuma basa-basi. Konon di sini sudah ada coworkers lebih dari 30 negara. Pekerjaannya bermacam-macam, dari writer, blogger hingga programmer. Aktivitasnya pun macam-macam, ada yang cuma laptopan, video call hingga meditasi.

Salah satu sudut Hubud
Salah satu sudut Hubud

Salah satu yang menarik menarik perhatian saya adalah adanya mesin bitcoin di sana. Jadi untuk ikut kerja di sini selain bayar pakai uang cash dapat juga bayar menggunakan bitcoin. Tinggal transfer ke bitcoin address-nya Hubud, canggih kan? haha. Atau pakai Paypal juga bisa.

Selain itu, jika kamu punya event, campaign sampai hiring yang berkaitan dengan startup kamu, tinggal bilang ke host dan dikasih cap. Kamu bisa broadcast via board ini.

Papan pengumuman khusus startup
Papan pengumuman khusus startup

Satu lagi, event-event yang akan ada di Hubud ini justru semuanya tidak ditempel di papan utama tadi, tapi ada juga yang ditempel di toilet. Pas ikutan setor di sana baru nyadar juga kalau cara ini bisa jadi salah satu yang efektif ya, karena kalau orang sedang di toilet pasti kan ga banyak kegiatan lain dan pasti baca, wkwk. Nice!

Papan pengumuman di toilet
Papan pengumuman di toilet

Untuk masalah fasilitas minuman ya standar seperti coworking space yang lain, free flow air mineral, teh dan kopi.

Untuk makanan bisa cari di sekitar Jalan Monkey Forest hingga ke jalan utama di Ubud, itu banyak banget makanan, tapi ya biasalah agak effort kalau mau halal banget, hahaha.

Hubud di malam hari
Hubud di malam hari

Untuk jam bukanya dari jam 8 pagi hingga jam 8 malem. Kalau coworking space gini ya standar baru rame sekitar jam 10an. Jadi kalau mau take tempat yang enak harus dateng agak duluan.

Sedangkan untuk membershipnya ga bisa harian kalau di sini, tahun lalu saya dan tim menggunakan sistem membership yang beberapa hari dan mendapatkan beberapa akun.

Recommended bangetlah buat tempat kerja, yang bisa dicoba sesekali jika budget emang masih terbatas, heheu.

Happy Working!

Tulisan lain tentang Hubud juga pernah ditulis oleh Mira temen saya.

๏ 79 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *