WordCamp Ubud 2017

Suasana pagi hari yang cerah namun sejuk di Ubud menambah semangat hari itu. Saya sudah bersiap dengan “kostum developer” berangkat dari hostel dengan sepeda motor untuk mengikuti acara wordcamp kedua saya, Wordcamp Ubud 2017.

Kala itu acaranya diselenggarakan selama 2 hari, hari pertama merupakan Conference Day yang lokasinya di Hubud, salah satu coworking space paling hits di dunia digital nomads, sedangkan hari kedua merupakan Contributor Day yang lokasinya di The Onion Collective.

Seperti biasanya acara wordcamp ini dihadiri oleh WordPress enthusiast baik developer, designer, blogger hingga business owner dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu saya selalu excited banget jika bisa berkesempatan mengikuti acara seperti ini.

Conference Day

Hari pertama yang merupakan Conference Day dibagi menjadi 2 bagian, yaitu developer track dan non-developer track, yang masing-masing dibagi menjadi 2 sesi. Karena ga mau kelewatan keduanya, maka saya mengikuti developer track di sesi 1 dan non-developer track di sesi 2 setelah makan siang.

Developer track yang saya ikuti membahas dari unit test, security, performance enhancement, search enhancement hingga hosting. Sedangkan non-developer track yang saya ikuti membahas tentang building WordPress startup dan culture in a global remote agency. Seru-seru banget yang disharing di sini.

Automated end-to-end tests for WordPress plugins – Akeda Bagus
WordPress Security Hardening – Ida Bagus Budanthara
Screaming Fast WordPress Sites with Redis and Vultr – Josh Habdas
Advanced Security – Frank Warwick
Lunch
10 mistakes I learnt while building my WordPress startup – Elliot Taylor
Inside a Global Remote Agency – Daphnée Laforest

Event yang berlangsung setengah hari ini rasanya tidak cukup untuk membahas tentang WordPress dan impactnya di dunia web development dan internet seperti sekarang. Di akhir acara, para volunteer pun berkumpul dan berfoto untuk mengabadikan acara yang (mungkin) bisa diselenggarakan setiap minggu di berbagai belahan dunia. Semuanya terekam di website WordCamp Central.

WordCamp Ubud’s Volunteer
WordCamp Ubud 2017

Contributor Day

Hari kedua merupakan Contributor Day, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk “menghasilkan” sesuatu yang bisa dikontribusikan ke WordPress dalam satu hari itu. Beberapa kelompok yang dibagi saat itu adalah :

  • Core Contributor
  • Theme Development
  • Plugin Development
  • Translation

Saya memutuskan untuk ikut dalam kelompok Plugin Development, karena penasaran dalam sehari apakah bisa bikin sebuah plugin dan langsung disubmit ke WordPress’s Plugin Directory. Dan ternyata memang ga bisa, hahaha. Tim kami saat itu membutuhkan waktu seminggu setelah event ini untuk bisa menghasilkan kode program yang akhirnya masuk kategori layak submit ke WordPress.

Tapi saya senang sekali akhirnya bisa merasakan bagaimana membuat plugin dalam waktu yang instan dan tim yang random dibentuk di acara ini.

Lets contribute!
Plugin Development Team

 

Lets code!
Convert caffeine into codes

***

Lagi-lagi saya mendapatkan banyak hal dari acara ini, setelah sebelumnya juga dapet banyak di WordCamp Denpasar. Yang paling mengesankan adalah bisa bertemu dengan orang-orang baru dan orang-orang yang punya semangat luar biasa untuk berkontribusi di salah satu bagian dari dunia software development.

Bagi kalian yang sudah menjadi WordPress enthusiast atau baru berkenalan dengan WordPress saya menyarankan sekali untuk ikut acara WordCamp ini.

Sampai jumpa di WordCamp selanjutnya! 😀

๏ 12 readers

2 thoughts on “WordCamp Ubud 2017”

Leave a Reply