Sekarang, jamannya “kerja…kerja…dan.. kerja!” tidak tanggung-tanggung, persaingan di kantor semakin ketat. Kalau enggak ingin tergusur dan ditendang alias di PHK, kita harus bekerja lebih giat dan harus punya dedikasi agar perusahaan tempat kita bekerja bisa bersaing. Pekerjaan yang menyita waktu, menyita tenaga, dan pikiran tersebut tentu saja membuat kita lebih mudah stres. Padahal, menurut para ahli kesehatan, stres adalah biang berbagai macam penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, diabetes, stroke, dan lain-lain.

Kamu butuh liburan – sumber gambar : gazettereview.com
Kamu butuh liburan – sumber gambar : gazettereview.com

Ngomong-ngomong soal stres, selain dianjurkan untuk berolahraga, kita juga dianjurkan untuk pandai-pandai mengelola stres dengan cara yang lain, salah satunya adalah dengan pergi berlibur. Pergi berlibur ke tempat-tempat yang selama ini kita impikan adalah sesuatu yang selalu dinanti-nanti. Yang pasti, di tempat liburan selalu menyenangkan dan asik.

Kalau kita ngomongin liburan, salah satu bagian penting dari liburan yang harus dipersiapkan adalah tempat menginap. Memilih hotel yang tepat, yang sesuai dengan kriteria, sesuai dengan kebutuhan dan budget adalah sebuah keharusan. Karena berstatus karyawan, sebagian besar dari kita tentu menginginkan hotel dengan pelayanan mewah tapi dengan harga yang paling murah! Tapi jujur saja, itulah yang paling kita inginkan bukan? Mendapatkan sebuah kamar hotel dengan fasilitas yang lengkap dan berharga murah.

Bukan tidak mungkin menemukan hotel murah dengan fasilitas lengkap. Akan tetapi tentu tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika harus mengandalkan direct booking. Pengalaman cari kamar hotel dengan direct booking bagi saya sedikit mengecewakan. Mengapa?

Metode pembayaran yang terbatas

Metode pembayaran yang bisa kita lakukan untuk direct booking sangat terbatas, hanya bisa menggunakan uang cash, kartu kredit, atau kartu debit. Sangat berbeda dengan saat kita memesan kamar hotel melalui agen online yang menawarkan banyak kemudahan, terutama metode pembayaran yang hampir tak terbatas mulai dari: dengan menggunakan kartu kredit, Paypal, kartu debit atau ATM, bisa juga membayar melalui internet banking, mobile banking, transfer melalui bank, bahkan, tersedia juga bisa pembayaran via Indomaret.

Metode pembayaran hotel – sumber gambar : bbc.com
Metode pembayaran hotel – sumber gambar : bbc.com

Dengan adanya berbagai metode pembayaran tersebut terasa lebih praktis, tidak menyita begitu banyak waktu, sekaligus akan membuat pelanggan merasa lebih aman karena tidak harus repot-repot membawa uang cash.

Sering dapat jawaban “kamar penuh” saat high season

Kamar hotel sold out – sumber gambar : peishellfish.com
Kamar hotel sold out – sumber gambar : peishellfish.com

Memesan kamar dengan metode direct booking kadangkala mengecewakan terutama pada saat musim liburan. Yang jelas, pada saat itu, persaingan memperebutkan kamar hotel sangat ketat. Tidak jarang hotel-hotel favorit penuh, atau kamar dengan kriteria yang kita inginkan sudah tidak tersedia.

Kamar spesial yang dekat kolam renang atau dengan pemandangan bagus jarang kosong

Memesan kamar dengan datang langsung ke hotel akan membuat kesempatan kita untuk memilih kamar-kamar favorit atau kamar-kamar spesial yang memiliki pemandangan bagus, atau kamar yang dekat kolam renang menjadi berkurang. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya orang yang menginginkan kamar-kamar tersebut. Untuk antisipasi, ada baiknya kamu memesan lebih awal terutama melalui agen online.

Sering lebih mahal dibandingkan dengan memesan melalui agen online (OTA)

Walaupun tidak selalu, kadang-kadang, karena kita datang langsung (direct booking) kita tidak memiliki pilihan lain kecuali harus menginap di hotel tersebut. Karena apabila ingin memilih hotel yang lain, kita harus mengeluarkan lebih banyak waktu dan tenaga. Apabila diberikan harga mahal, mau tidak mau kita pun tetap akan menerimanya.

Sangat berbeda apabila kita mencari hotel dan memesan melalui agen online di mana kita memiliki kesempatan mencari kamar hotel yang sesuai dengan kriteria dan budget yang tersedia.

Bikin was-was dan tidak tenang

Pergi berwisata tanpa terlebih dahulu memesan kamar hotel via online sering membuat was-was. Perasaan tidak tenang dan khawatir di perjalanan kalau-kalau tidak mendapatkan kamar nanti, membuat perjalanan menjadi kurang enjoy.

Terkadang pelayanannya lama dan lambat

Hal lainnya yang sering mengecewakan ketika booking kamar di sebuah hotel dengan cara langsung datang adalah, seringkali kita dipaksa harus menunggu. Kadang-kadang, alasan pihak hotel karena kamar belum siap atau sedang disiapkan. Namanya menunggu tetap saja tidak menyenangkan. Jangankan hingga berjam-jam. Menunggu hanya beberapa menit saja rasanya begitu membosankan.

Menunggu pelayanan hotel – sumber gambar : gettyimages.com
Menunggu pelayanan hotel – sumber gambar : gettyimages.com

Itulah beberapa alasan mengapa memilih booking via agen online (OTA) lebih menarik, memuaskan, dan lebih nyaman apabila dibandingkan dengan direct booking.

๏ 88 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *