SGPC Bu Wiryo Sejak 1959

SGPC merupakan singkatan dari Sego Pecel. Warung ini memang sudah sangat legendaris, terutama di kalangan mahasiswa UGM Yogyakarta. Namanya warung Sego Pecel Bu Wiryo, sudah ada sejak tahun 1959.

Lokasinya ada di Jalan Selokan Mataram, tepat seberang Fakultas Peternakan UGM.

SGPC Bu Wiryo

Karena lokasinya di dekat kampus UGM, tentu saja pengunjung dari warung ini didominasi oleh mahasiswa, dosen hingga alumni UGM yang datang untuk bernostalgia. Salah satu tempat yang cukup historis untuk dijadikan berkumpul dan bernostalgia.

Ruang Utama SGPC Bu Wiryo

Kebetulan saya berkunjung ke sana bukan ketika hari libur, jadi tidak terlalu ramai. Karena konon jika hari libur warung ini pasti padat dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Menu Sego Pecel Bu Wiryo

Menu utama di sini tentu saja adalah sego pecel (nasi pecel) yang disajikan dengan telur ceplok dan teh hangat. Saya cobalah menu ini ditambah dengan sate-satean dan sop daging.

Nasi pecelnya menggunakan bumbu kacang yang sedap, cenderung encer tetapi masih bisa dirasakan tekstur kacang yang ditumbuk/digiling. Mantap sekali memang!

Nasi pecel bisa ditemani dengan lauk seperti telur ceplok, telur asin, sate usus, sate telur puyuh, tempe goreng, ayam goreng, dll.

Selain menu utama itu, tersedia juga menu lain seperti Nasi Sop Daging. Menu ini pun disediakan dengan berbagai macam variasi dengan nama yang unik, seperti Sop tanpa Kawat (sop tanpa soun), SDSB (Sop Daging Sayur Bayam), Sop Pegatan (sop dan nasi yang disajikan terpisah), Sop Ayam, dan Sop SBY (Sop Bayam).

Sedangkan menu minumannya juga lucu-lucu seperti Teh Mrengut (teh kental), Tirto Seto (air putih), Teh Kemul (teh hangat), Teh Sengkuni (teh yang dicampur dengan jeruk atau kerennya lemon tea), dan Es Sari (minuman dari buah tomat yang di sajikan dingin).

Kasir dan Dapur Bu Wiryo

Satu hal lagi yang membuat nyaman di sini adalah pelayanannya yang cepat. Jadi tidak usah khawatir jika kebetulan warung ini sedang ramai pengunjung.

Dan jika sedang beruntung, kalian bisa menikmati live music yang ada di sini, bahkan bisa request lagu apa yang dimainkan.


Jadi tunggu apalagi?

Jika kalian sedang berada di Jogja dan bingung mau sarapan apa, bisa mampir ke sini, sekalian merasakan jalan santai di Sunmor (Sunday Morning atau CFD) di kawasan kampus UGM.


Harga

Harga satu porsi menu di sini mulai dari Rp 10.000.

Lokasi

Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Jam Buka

SGPC Bu Wiryo buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB


๏ 12 readers

Leave a Reply