Jangan bilang sedang di Surabaya kalau belum mencicipi es krim Zangrandi.

Sudah ada pertanyaan seperti itu, menjadi bukti bahwa Kedai Es Krim Zangrandi ini memang sudah menjadi legenda dan salah satu ikon kuliner Kota Surabaya.

Kedai Es Krim Zangrandi

Kedai ini juga turut menjadi saksi kemerdekaan negara Indonesia dan mengapa Surabaya bisa disebut sebagai Kota Pahlawan, ya karena kedai ini sudah ada sejak tahun 1930. Wow, luar biasa ya. Ko’ bisa begitu?

Sejarah

Selamat datang di Es Krim Zangrandi, sebuah cita rasa dari kenikmatan klasik.

Itulah pesan yang ada di bagian depan dari buku menunya. Dilengkapi dengan sejarah kedai es krim yang sudah melegenda ini di bagian berikutnya.

Konon Es Krim Zangrandi bermula saat keluarga Roberto Zangrandi, seorang Italia yang tinggal di Indonesia saat zaman kolonial membuat kedai es krim-nya di Surabaya. Sebagai keda es krim, Zangrandi dapat dikatakan sebagai kedai es krim pertama di tanah air. Di kedai itu lah, seluruh lapisan masyarakat dapat mencicipi kudapan dingin ini. Sayangnya, saat tahun 1960, keluarga Zangrand harus kembali ke negara asalnya. Untuk itu, kedai es krim dijual dan dibeli oleh Adi Tanumulia, seorang pengusaha wine di Surabaya kemudian diteruskan dengan tak merubah brand es krim ini.

Selain brand, gerainya pun tidak banyak dilakukan perubahan. Masih kental dengan nuansa Belanda. Bahkan banyak yang mengira bahwa es krim ini berasal dari Belanda, padahal aslinya adalah es krim Italia.

Gerai Es Krim Zangrandi
Suasana gerai di bagian dalam

Gerai berisi kursi-kursi rotan yang membuat nyaman pengunjung dan beberapa gambar Surabaya di masa lalu memberikan kesan vintage tersendiri, cocok sekali untuk kelas kedai yang sudah ada sejak lama.

Menu

Buku Menu Es Krim Zangrandi

Sesuai dengan namanya, pasti menu andalan kedai ini adalah berbagai macam es krim. Setiap es krim di sini namanya unik dan disajikan dalam berbagai bentuk. Dan memang sengaja dipertahankan dari jaman dahulu, tidak ada perubahan.

Menu Es Krim Zangrandi

Masih merupakan es krim home made, tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan perasa buatan, sehingga warna es krimnya tidak begitu mencolok dan harus cepat dihabiskan ketika sudah dihidangkan.

Saya sendiri mencoba salah satu menu favorit di sini sejak jaman dahulu, yaitu Tutti Frutti. Es krim dengan bentuk menyerupai segitiga dengan campuran potongan buah, teksturnya terasa lembut dan ringan.

Tutti Frutti

Tutti Fruti ini rasanya klasik. Es krim ini dikombinasikan dengan potongan buah dengan empat pilihan rasa : vanilla, moka, rasberi dan stroberi. Selain itu, masih ada juga es krim lain yang memakai soda atau rum, jika kalian suka dengan campuran seperti itu.

Segar sekali rasanya menikmati es krim di sini, apalagi saat itu saya kebetulan ke sini waktu siang hari yang mana Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang terkenal dengan hawa panasanya.

Wajib banget dicoba jika berkunjung ke Surabaya ya.

Harga

Harga es krim di sini bervariasi mulai dari Rp 22.000 hingga Rp 55.000.

Lokasi

Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

Jam Buka

Kedai ini buka dari jam 10.00 – 22.00.

๏ 243 readers