Buat Anda yang senang jalan-jalan ke berbagai tempat, baik di dalam maupun luar negeri, tentu Anda perlu mengenal yang dinamakan asuransi travel alias asuransi perjalanan. Bagaimana tidak, asuransi ini sangat penting untuk membuat Anda lebih aman, nyaman, dan tenang saat bepergian. Asuransi tersebut umumnya juga terbagi menjadi dua, yakni asuransi domestik dan internasional.

Asuransi Travel
Asuransi Travel

Perbedaan Pengertian

Sesuai namanya, asuransi perjalanan domestik diberikan kepada nasabah atau tertanggung yang melakukan perjalanan domestik. Perlindungan yang diberikan jika tertanggung mengalami cedera, kematian, kehilangan, kerusakan, dan kerugian lainnya. Tentunya, perlindungan yang diberikan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan pada polis asuransi.

Berbeda halnya dengan asuransi perjalanan internasional di mana perlindungan tersebut diberikan kepada tertanggung yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Besarannya pun berbeda sesuai dengan ketentuan premi yang dibayarkan.

Perbedaan Syarat dan Ketentuan

Sebagai dua jenis asuransi yang berbeda peruntukan, tentunya dari segi syarat dan ketentuan umum keduanya juga memiliki perbedaan yang mendasar. Mulai dari penetapan perjalanan, biaya, dan sebagainya dengan rincian sebagai berikut.

Syarat layanan asuransi perjalanan domestik

  1. Pada saat mengambil asuransi travel ini, pihak Tertanggung harus dalam keadaan sehat secara medis, terlebih untuk melakukan perjalanan. Apabila ada pelanggaran, maka polis dapat dinyatakan Batal.
  2. Polis akan berlaku jika Tertanggung juga memenuhi ketentuan berikut.
  • Merupakan penduduk tetap dan tidak tetap di Indonesia
  • Melakukan perjalanan di wilayah Indonesia
  • Sudah membayar premi seutuhnya
  • Berusia setidaknya 14 hari dari hari kelahiran atau tidak lebih dari 80 tahun pada saat tanggal keberangkatan.
  1. Periode maksimum untuk polis satu kali perjalanan adalah 90 hari, sementara polis tahunan adalah 90 hari per satu kali perjalanan
  2. Memastikan biaya penerbitan polis dan biaya materai, serta biaya perubahan dan pembatalan polis.
  3. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku wajib Anda tanyakan pada layanan CS pihak asuransi yang Anda ingin pilih.

Syarat layanan asuransi perjalanan internasional

  1. Pengambilan asuransi perjalanan internasional harus dilakukan ketika pihak Tertanggung dalam keadaan sehat secara medis untuk melakukan perjalanan. Tertanggung juga harus menyadari jika ada hal-hal yang tidak sesuai, maka polis dapat dinyatakan batal.
  2. Polis asuransi perjalanan internasional akan berlaku apabila pihak Tertanggung memenuhi kriteria berikut.
  • Merupakan penduduk yang tetap atau bekerja di Indonesia
  • Memiliki identitas yang berlaku seperti KTP, Kitas, Visa kunjungan jangka waktu lama, hingga kartu mahasiswa
  • Memulai dan mengakhiri perjalanan di wilayah Indonesia
  • Sudah membayar Premi sepenuhnya
  • Membeli polis sebelum meninggalkan wilayah Indonesia
  • Telah berusia setidaknya 14 hari atau tidak lebih lebih dari 80 tahun sampai dengan tanggal keberangkatan.
  1. Adapun periode maksimum yakni 90 hari untuk polis single trip dan 90 hari per satu kali perjalanan untuk polis tahunan
  2. Memastikan biaya penerbitan polis dan biaya materai, serta biaya perubahan dan pembatalan polis sesuai ketentuan yang berlaku
  3. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan apa saja yang berlaku, wajib Anda konfirmasi melalui layanan CS dari perusahaan asuransi travel tersebut

Mudahnya Membeli Asuransi Perjalanan

Saat ini, sudah banyak jasa asuransi menawarkan layanan perlindungan travel, baik domestik maupun internasional. Hanya saja, tidak semua menawarkan kemudahan yang akan membantu Anda dalam mendapatkan asuransi terbaik selama perjalanan.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih Garda Trip dari Garda Oto. Dengan tiga langkah mudah berikut, Anda sudah bisa membeli asuransi perjalanan yang Anda butuhkan untuk segala kemudahan perjalanan yang aman dan nyaman.

Pendaftaran

Langkah awal untuk mendapatkan asuransi perjalanan yakni dengan melakukan pendaftaran. siapkan saja beberapa hal seperti email, identitas diri, dan password akun untuk mendapatkan akses polis berbentuk soft-file. Pastikan email Anda aktif untuk mendapat notifikasi dan instruksi lain dari perusahaan jasa asuransi tersebut.

Pembayaran

Jika sudah mendaftarkan akun, Anda juga dapat membeli polis melalui tombol Buy Now. Selanjutnya, Anda akan dapat mengecek pesanan polis melalui web dan email sebelum melakukan pembayaran. Adapun metode pembayaran yang tersedia untuk pembelian polis mulai dari kartu kredit, transfer bank, dan aplikasi pembayaran dari Astra dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Kartu kredit berlogo VISA/MasterCard/JCB untuk pembayaran premi mulai dari Rp100.000 ke atas
  • BCA (KlikPay) untuk pembayaran premi mulai dari Rp50.000 ke atas
  • AstraPay untuk pembayaran premi mulai dari Rp50.000 ke atas
  • Virtual Account Bank Permata

Pengiriman polis

Setelah melengkapi data pembayaran dan menyelesaikannya, Anda akan dikirimkan e-polis melalui email yang terdaftar. E-polis asuransi ini akan dikirimkan dalam waktu maksimal 1×24 jam. Untuk klaim asuransi yang dibutuhkan, Anda dapat melaporkan ke pihak asuransi dengan mengirimkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan.

Semua manfaat asuransi travel tersebut dapat Anda peroleh jika menggunakan asuransi Garda Trip. Segera hubungi pihak layanan kontak atau CS asuransi untuk informasi lebih lanjut!


→ 82 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *