Para pendaki, mari!

Akhir-akhir ini, sepenglihatan saya di beberapa social media, beberapa akun tentang pendaki lagi sering membagikan gambar Ranukumbolo yang dihiasi oleh sampah, ini salah satunya.

Ikut prihatin juga si lihat kondisi yang seperti ini. Saya juga senang untuk mendaki gunung soalnya.

Mendaki gunung bagi saya bisa memberikan kepuasan batin tersendiri, bisa juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya, karena kita bakal gampang banget inget Tuhan saat berada di atas sana.

Salah satu hal kecil yang bisa saya lakukan adalah mengajak teman-teman yang suka mendaki gunung juga untuk menjadi pendaki yang bertanggung jawab ya. Minimal bawa plastik/trash bag untuk mengemas sampah yang dibawa ke atas untuk dibuang di tempat sampah di bawah. Contohnya seperti saya dan teman-teman waktu ke Gunung Papandayan kemarin.

Hal-hal kecil seperti ini jika dilakukan oleh masing-masing orang akan membawa dampak yang besar bagi tempat yang dikunjungi bersama oleh banyak orang seperti gunung-gunung ini.

Para pendaki, mari!
Para pendaki, mari!

Jangan malu meski jadi seperti ibu-ibu yang abis belanja seperti gambar di atas. Justru harusnya kita semua menyerukan kebiasaan seperti ini agar gunung tetap bisa menjadi tempat yang lestari dan ngangeni.

Bukannya sok mengajari atau sok tau, tapi ya lihat sendiri akibatnya jika (mungkin) hal kecil seperti ini diabaikan.

Salam Pendaki.Photo Credits : +M Aidil Fahmy

@ariffsetiawan


→ 116 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *