Siapa yang tidak tahu Pantai Sanur jika membahas tempat wisata di Pulau Bali?

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang paling terkenal dan selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan domestik terutama kalangan anak sekolah.

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau pantai ini merupakan salah satu tempat bersejarah. Di pantai inilah terjadi agresi militer Belanda tahun 1916 terjadi secara besar-besaran untuk masuk ke Pulai Bali dan menyerang Kerajaan Badung. Yang kemudian dikenal dengan Perang Puputan.

Salah satu sudut Pantai Sanur

Pantai Sanur tidak terlalu ramai seperti halnya Pantai Kuta atau Pantai Dreamland, walaupun sama-sama terkenal bahkan bersejarah. Mungkin karena ombak di pantai ini yang tergolong cukup tenang jadi kurang cocok untuk dijadikan sebagai tujuan surfing. Salah satu olahraga yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara tentunya. Namun, di pantai ini masih terdapat beberapa permainan pantai seperti seawalker, scuba diving dan snorkeling.

Wisatawan di Pantai Sanur

Selain beberapa fasilitas permainan, Pantai Sanur sangat cocok untuk melihat sunrise, karena garis pantai yang menghadap ke arah timur, berkebalikan dengan Pantai Kuta yang garis pantainya menghadap ke barat. Pemandangan indah di pagi hari dengan khas pasir putih.

Dan karena sudah ada sejak lama, maka fasilitas rekreasinya pun sudah sangat lengkap. Mulai dari penginapan, tempat belanja hingga kuliner sudah ada. Salah satu yang favorit ya adanya Warung Mak Beng yang melegenda di dekat Pantai Sanur ini.

Selain itu ternyata ada juga cerita tentang salah satu bangunan tertinggi di Bali yang ada di sudut Pantai Sanur yaitu Hotel Bali Beach. Satu-satunya gedung bertingkat yang lebih dari 5 lantai di Bali yang mungkin mendapat pengecualian dengan sebab pembuatannya adalah perintah langsung dari Presiden Soekarno. Karena peraturan adat di Bali yang tidak memperbolehkan bangunan melebihi tinggi dari pohon kelapa. Mungkin udah banyak yang bertanya-tanya tentang itu? Atau yang belum tau bisa dijadikan wawasan ya. Soalnya aku juga baru tau itu, hahaha.

***

Saya dan teman-teman (Mira, Riwe, Riezan) berkunjung ke Pantai Sanur pas di siang hari yang sedang terik-teriknya, jadi emang random aja setelah beres makan di Warung Mak Beng, dan kebetulannya lagi ada saudara bekas temen kosan di Bandung yang sedang ada acara wisuda di salah satu hotel di sekitar pantai. Langsung janjian ketemuan, absurd abis, hahaha.

Doing nothing in Sanur Beach

Dan karena saking bingungnya mau ngapain, akhirnya kami bikin video joget geje, wkwkwk. Mau pindah tempat juga Bali lagi panas-panasnya kala itu.

Lets Dance!

Boleh berkunjung ke sini kalau emang pengen piknik cantik dan emang ga ada tujuan lain atau ga cukup waktu.

Kalau saya boleh milih si mending nerusin buat nyebrang ke Nusa Lembongan aja dari pantai ini. Karena salah satu akses menuju ke sana ya lewat sini.

๏ 20 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *