Sego Welut Pancar Magelang

Dalam Bahasa Jawa sego itu artinya nasi, sedangkan welut itu artinya belut.

Di dekat Pasar Pancar, Desa Ngampeldento, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang ada satu warung sego welut yang lumayan terkenal walaupun lokasinya agak pelosok dan bisa dikatakan jauh dari jalan utama Magelang – Purworejo. Namanya Sego Welut Pancar.

Warungnya sangat sederhana mirip seperti warung makan nasi rames biasa. Namun, selalu ramai.

Warung Sego Welut Pancar

Pelanggan dari warung yang sudah ada lebih dari 15 tahun yang lalu ini sangat beragam, mulai dari PNS, perangkat desa, warga dari berbagai daerah di penjuru Magelang, hingga Bupati Magelang pun pernah makan di sini. Luar biasa.

Menu spesial di sini adalah mangut welut, mangut lele dan mangut wader iwak kali. Selain itu juga menyajikan menu welut goreng maupun ikan goreng lainnya. Seperti uceng, gabus atau kutuk, wader dan udang sungai. Sayurannya juga beragam bisa memilih sendiri seperti warung nasi rames, tentunya khas masakan Jawa Tengah.

Mengapa spesial?

Karena belut yang dimasak di sini berasal dari lokalan Salaman. Konon kalau dari luar daerah pas digoreng kaku.

Satu Porsi Nasi Sayur + Mangut Welut + Ikan & Udang Goreng

Kebetulan saya sempat untuk mengunjungi warung ini di pertengahan tahun 2018 lalu. Untuk harganya jangan tanya, satu porsi mangut welut spesial dengan nasi dan sayur hanya Rp 15.000 saja. Kalau mau nambah lagi ya pastinya ga terlalu mahal.

Sambal Ijo Spesial

Bagi kalian pecinta makanan pedas, di sini juga tersedia menu sambal ijo yang dibikin langsung, fresh diuleg langsung di cobeknya. Bisa minta jumlah cabe sesuka hati.

Warung Sego Welut Pancar di Suara Kedu

Warung ini ternyata juga pernah diliput oleh media lokal, yaitu Suara Kedu. Kedu sendiri merupakan wilayah karesidenan yang identitasnya adalah Plat AA meliputi Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung dan Wonosobo.


Untuk menuju ke warung ini jalurnya memang harus mendaki gunung lewati lembah. Dari bunderan Salaman, cari jalur yang ada petunjuk jalan arahnya Pancar. Dari sini ikuti saja jalan ke arah Pancar sekitar 7 kilometer. Iya, masih sejauh itu, haha. Selama dalam perjalanan dari Salaman sampai di lokasi, nantinya bisa menikmati pemandangan persawahan dan pegunungan khas sekitar Pegunungan Menoreh. Sangat sejuk dan asik sekali.


Bagaimana menurut kalian para penggemar mangut?

Terutama yang tinggal di Magelang wajib cobain ini lho.


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 15.000 per porsinya.

Lokasi

Pancar, Ngampeldento, Salaman, Magelang, Jawa Tengah 56162

Jam Buka

Warung Sego Welut Pancar buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB


๏ 31 readers

Leave a Reply