Jika sebelumnya saya sempat mencoba Kubik Coworking Space di Padang, kali ini saya mencoba Sinergi Coworking Space Jogja. Salah satu coworking space yang lumayan baru dan masih bertahan hingga sekarang dengan lokasi yang sangat strategis di tengah wilayah Yogyakarta.

Konsep yang ditawarkan di sini adalah open space karena porsi outdoornya lebih banyak dibandingkan dengan indoornya.

Sinergi Coworking Space
Sinergi Coworking Space

Berikut beberapa poin yang bisa saya review.

Lokasi Strategis

Lokasinya berada di daerah Demangan, yang bisa dikatakan di tengah Yogyakarta, dekat dengan UNY dan UGM. Salah satu kawasan paling enak dan mudah dicari. Dekat juga dengan kawasan kuliner atau perbelanjaan.

Fasilitas yang Banyak

Tempat parkir luas
Tempat parkir luas

Banyak fasilitas yang disediakan di sini. Mulai dari wifi, tempat parkir mobil dan motor yang luas, toilet yang besar, berbagai meeting room dengan berbagai ukuran.

Ruangan Utama Sinergi Coworking Space
Ruangan Utama Sinergi Coworking Space

Di sini juga bisa sewa tempat untuk kantor, baik virtual atau tidak. Jadi ya memang bisa jadi alternatif antara buat tempat nongkrong atau kantor dengan sewa harian hingga jangka waktu yang lebih lama.

Ukurannya Sangat Besar

Jika berkunjung ke sini dan jamnya pas, tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat. Karena memang ukurannya sangat besar dibanding coworking space lain. Hal penting lain seperti colokan juga banyak dan disediakan berbagai bentuk kursi mulai dari sofa, kursi biasa, kursi tinggi hingga bean bag juga ada.

Coffee Shop

Coffee Shop di Sinergi Coworking Space
Coffee Shop

Di sini tentunya ada juga coffee shop yang jadi satu dengan bagian indoornya. Jadi bisa langsung pesan saja. 


Selain hal-hal di atas, menurut saya ada juga beberapa kekurangan yang mungkin bisa diperbaiki jika ingin menjadikan coworking space ini sebagai alternatif tempat kerja atau bahkan kantor tetap, antara lain.

Wifi Terbatas

Persoalan wifi adalah hal yang paling krusial untuk sebuah tempat kerja. Menurut saya masih kurang simpel cara untuk mendapatkan akses wifi di sini. Beberapa caranya seperti beli kopi dan akan mendapatkan satu ID untuk login ke wifi outdoor. Selain itu caranya adalah sewa kantor atau meeting room untuk login ke wifi office atau meeting roomnya.

Hal ini menurutku bisa ada alternatif seperti paket sewa wifi harian tapi tidak terbatas 1 device saja, karena pasti butuh setidaknya connect untuk laptop dan hp. Hal ini sudah banyak yang melakukannya di coworking space lain.

Outdoor yang lumayan panas

Karena memang konsepnya open space yang sebagian besar format outdoor ya wajar jika ada keluhan seperti ini. Karena ya kondisi cuaca di Jogja kalau siang hari bisa lumayan panas di sekitar 30C atau bahkan lebih. Mungkin bisa ditambah dengan kipas angin di beberapa sudutnya. Karena hal ini akan berpengaruh ke kenyamanan dalam bekerja. Sebagian besar mungkin akan lebih nyaman di tempat yang cenderung dingin untuk bekerja dalam waktu 4 hingga 6 jam sehari.

Atau alternatifnya porsi ruangan indoornya sedikit ditambah.

Harga di atas rata-rata

Harga di sini mungkin lebih ke harga minuman dan makanan di coffe shopnya. Untuk ukuran lokasi di Jogja mungkin ga harus yang harga tinggi untuk konsumsi daily. Yang tinggal di sini sudah terbiasa dengan harga yang lebih miring. Jadi mungkin masalah ini bisa jadi salah satu penyebab jika beberapa konsumen tidak bisa ke tempat ini setiap hari kerja.


Mungkin itu saja sedikit review tentang coworking space ini. Overall bisa dibilang nyaman untuk tempat yang digunakan untuk meeting sesekali atau nongkrong bersama teman. Namun, jika ingin menjadikan alternatif kantor ya harus diperhatikan di beberapa kekurangan di atas.


Harga

Harga menu di sini bervariasi mulai dari Rp 18.000. Sedangkan untuk coworking space dikenakan tarif Rp 40.000 per hari dan Rp 1.000.000 per bulan.

Lokasi

Jl. Cenderawasih No. 32B, Mrican, Demangan, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55281.

Jam Buka

Sinergi Coworking Space buka setiap hari pukul 10.00 – 23.59 WIB.


→ 67 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *