Sate Subali Batang

Akhir bulan Desember lalu saya sempat untuk melakukan road trip menggunakan mobil dari Jakarta ke Magelang, yang tentunya melewati jalur pantura hingga daerah Pekalongan – Batang kemudian melewati jalan alternatif lewat Sukorejo, Temanggung kemudian sampai ke Magelang.

Untungnya sekarang sudah ada yang mananya Tol Cipali sehingga waktu tempuh jadi semakin cepat. Dari Jakarta kami berangkat dini hari dan sampai di sekitar Cirebon kami bisa melihat magisnya sunrise di pantura, apalagi tolnya masih lumayan baru sehingga tidak banyak halangannya. Keren banget si.

Sunrise di Tol Cipali

Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat dari awal sampai akhir bagaimana sunrise di pantura, tetapi ya mungkin efeknya adalah yang jadi sopir akan silau, karena perjalanan ke arah timur. Bagi yang jadi penumpang ya asik-asik aja sih ya, hahaha.

Sudah mulai terang

***

Setelah keluar dari pintu tol Brebes, perjalanan dilanjutkan ke Tegal, Pekalongan dan Batang.

Sate Subali

Di Kabupaten Batang yang terkenal dengan Alas Robannya inilah kami akhirnya mampir ke salah satu warung sate yang sudah sangat terkenal di daerah pantura barat, namanya Sate Subali.

Kata orang-orang si ini rajanya sate di sini. Sangat digemari karena keempukan dagingnya, apalagi bagi kalian yang gemar sama daging kambing.

Sate Subali

Lokasi

Untuk lokasinya sendiri Sate Subali ini ada di Jalan Raya Pantura KM 24, Batang. Tidak jauh dari jalan alternatif menuju ke Sukorejo.

Disajikan dengan Hot Plate

Sampai di sana kami langsung memesan Sate Kambing yang menjadi menu andalan di sini. Lengkap dengan sayur asem dan sambel kecap. Apalagi satenya yang empuk disajikan dengan hot plate. Menambah sensasi yang sedikit berbeda dibandingkan dengan warung sate pada umumnya. Mantap!

Sate Kambing, Sayur Asem, Sambel Kecap

Selain sate kambing, di sini juga menyediakan banyak pilihan menu lain seperti sate ayam, sate kelinci, sate sapi, sate hati kambing, sate terpedo kambing dan sate ginjal kambing. Gulai juga ada sampai nasi rames atau bebek, puyuh, dara. Lengkap pokoknya, hahaha.

Untuk harganya tidak terlalu mahal banget, masih di kisaran 30 ribu hingga 50 ribu satu porsinya.

***

Uniknya lagi, di warung sate ini tukang parkirnya menyediakan jasa cuci mobil. Namun, bukan fasilitas, jadi harus memberikan tips kepada tukang parkirnya. Kan lumayan sambil istirahat makan mobil sudah bersih lagi untuk melanjutkan perjalanan. Dan jika tidak mau dicuci harus bilang dulu ke tukang parkirnya.

 

Tadinya warung sate ini tidak membuka cabang, tetapi setelah saya cari di internet ternyata sudah ada cabangnya di daerah Sukorejo mulai tahun 2015 lalu.

Bagi kalian yang sering lewat pantura dan belum pernah nyobain Sate Subali ini wajib banget dicoba, apalagi kalian yang doyan sama kambing.

Selamat mencoba! 😀

๏ 54 readers

Leave a Reply