WordCamp Denpasar 2016

Percaya atau tidak komunitas WordPress merupakan salah satu komunitas yang kece banget menurut saya karena it works globally. Baik developer, designer, business owner, internet marketer, dan beberapa jenis pekerjaan yang bisa terlibat di sana.

Di komunitas ini terdapat 2 jenis event utama, yaitu WordPress Meetup dan WordCamp. Meetup lebih ke pertemuan untuk sharing terkait WordPress dengan skala kecil, sedangkan WordCamp lebih berbentuk seminar dalam skala lebih besar dalam waktu 1-2 hari. Dan hampir setiap minggunya terselenggara acara WordCamp yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini terdokumentasi di websiter WordCamp Central dan atau WordPressTV. Luar biasa kan?

Di bulan November 2016 lalu saya berkesempatan untuk berpartisipasi di WordCamp Denpasar 2016 yang diselenggarakan di The Royal Beach Seminyak Bali.

Partisipan WordCamp Denpasar 2016

WordCamp Denpasar ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti acara WordCamp. Sebelumnya sudah ada beberapa di Indonesia acara WordCamp ini, tetapi saya baru mulai aktif lagi ikut komunitas WordPress di tahun 2016 kemarin. Sebelumnya lebih aktif di komunitas startup.

Format acara dari WordCamp Denpasar ini adalah seminar durasi 1 hari yang pematerinya dari berbagai penjuru dunia dan aktif menggunakan platform WordPress untuk pekerjaan sehari-harinya. Level topik materinya pun dari beginner hingga advanced, dari mulai bidang non-teknikal hingga teknis sekali.

The Royal Beach Seminyak Bali
WordCamp-er
Introduction to WordPress – Pramana Adi Putra (Mahasiswa)
It’s All In The Little Things – Hafiz Rahman (Happiness Engineer Automattic)
Leveling Up Through Pro Bono Dev Work – Wibowo Sulistio (WordPress Developer)
Why to use a framework and why Genesis – Thu Phan (Vietnam Woman WordPress Developer)
Organizing Meetup in your city – Mayo Moriyama (Tokyo WordPress Meetup Organizer)
No More Cowboy Coding: Using a Modern WordPress Workflow – Thomas Howard (product designer & front-end engineer from Washington DC)
Tips to Make Your Content EAT-able and Rank Higher on Search Engine – Ilman Akbar (Marketing Manager Traveloka)
Introducing WordPress Actions and Filters for Beginning Developers – Emerson Maningo (Systems Developer for OntheGoSystems, from Cebu, Philippines)
Development, Testing, Acceptance and Production: How to develop WordPress sites using multiple environments – Niels Lange (WordPress Developer from Germany)
Going Global with WordPress Multilingual – Dat Hoang (ex-OnTheGoSystems now Happiness Engineer at Automattic)
Jetpack: how it brings the power of the cloud to your site – Joe Boydston (Happiness Engineer at Automattic from California)
You Got React.js in My PHP! – Taylor Lovett (Director of Engineering at 10up)
Dapet merchandise dari Community Manager Brave Browser

Disela-sela acara diberikan 4 kali waktu coffee break yang bisa dimanfaatkan untuk networking dan mengambil merchandise-merchandise yang disediakan oleh sponsor serta 1 kali waktu lunch yang disuguhkan hidangan khas Bali yang bisa dinikmati sambil bersantai di sekitar kolam renang dan pantai. Asik banget.

Seminyak Beach

Karena yang berpartisipasi di event ini sebagian besar memang developer maka tak heran jika ada company yang memanfaatkannya sebagai ajang untuk hiring, heheu.

We R Hiring

***

Selesai acara ada yang namanya after party di Pantai Seminyak yang lokasinya di belakang hotel. Ya typical ngebir-ngebir sambil menikmati sunset gitu. Sangat bisa digunakan untuk ajang networking.

Menjelang Sunset
With Taylor Lovett from 10up, creator NodifyWP

Dari pengalaman ikut WordCamp ini sangat banyak sekali yang saya dapatkan, baik update mengenai hal-hal teknis, non teknis, hingga kesempatan untuk berkarya dengan memanfaatkan platform WordPress yang kini sudah berkembang sangat jauh.

Sampai jumpa di WordCamp selanjutnya! 😀

๏ 7 readers

One thought on “WordCamp Denpasar 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *