Ayo submit jurnal/paper mu di konferensi ini.
Rasanya sudah sering banget saya melihat statement atau ajakan seperti ini. Ya, ajakan buat mengumpulkan makalah/jurnal ilmiah dalam suatu konferensi nasional/internasional tertentu yang sering disebut juga publikasi ilmiah.
Mungkin jika level internasional saya belum begitu mengerti bagaimana prosesnya, tetapi jika levelnya nasional saya rasa cukup tahu, karena pernah mengikuti salah satunya. Biasanya peserta/pemakalah diwajibkan untuk mengumpulkan materi publikasinya dalam format tertentu kemudian mengirimkannya lewat email setelah mendapatkan konfirmasi dan membayar sesuai dengan besar tarif yang ditentukan. Setelah itu, paper akan diperiksa oleh tim penyelenggara untuk mendapatkan evaluasi kelayakan apakah bisa dimasukkan dalam sebuah prosiding dari konferensi itu (hasil dari suatu konferensi biasanya berupa buku sangat tebal yang berisi kumpulan paper dari pemakalah, biaya dari publikasi juga sekaligus untuk membeli buku ini biasanya).

Nah, sebenarnya saya punya beberapa pertanyaan tentang prosiding ini.

 

  1. Karena penyelenggara setiap konferensi itu berbeda-beda dan banyak jumlahnya, bagaimana masalah integrasi datanya? Apakah sudah bisa dipastikan antara prosiding satu dan lainnya tidak ada masalah plagiarisme dan atau kesamaan isi? Padahal syarat untuk suatu publikasi adalah paper yang belum pernah dipublikasikan dalam konferensi yang sudah ada.
  2. Apakah sudah ada media online yang mengagregasikan semua softcopy dari semua prosiding yang ada? Dari pengamatan saya, beberapa penyelenggara konferensi memang mengunggah konten prosiding ke dalam media online dan dalam bentuk arsip, tetapi masih terpisah satu sama lain.
  3. Nah, setelah jadi prosiding, trus bagaimana kelanjutannya? Berapa persenkah dari isi prosiding itu yang dilakukan risetnya secara nyata dan ditindaklanjuti untuk diimplementasikan? Apakah hanya sebatas menjadi tumpukan buku tebal di atas meja kerja pemakalah?
  4. Dalam suatu konferensi biasanya ada beberapa makalah untuk menghadirinya ke kota penyelenggara kemudian melakukan presentasi. Apakah ada semacam pertemuan antara pemakalah dan calon investor/institusi/pihak manapun yang bisa dan memungkinkan bersedia untuk membiayai riset di dunia pendidikan secara langsung? (mungkin saya umpamakan seperti pitching startup)
Adakah yang bisa membantu saya untuk menjawab beberapa pertanyaan ini?

 

@ariffsetiawan

๏ 387 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *