Logic Gate AND

Beberapa hari ini saya mengikuti kajian dan kebetulannya beberapa kali bahasan yang disampaikan hampir sama, yaitu tentang hubungan AND.

Logic Gate AND
Logic Gate AND

Lambang tersebut adalah lambang gerbang logika AND, jika di dunia elektronika, pasti lambang ini bukanlah lambang yang asing. Ternyata hal seperti ini tidak hanya bisa diimplementasikan dalam dunia teknologi saja, dalam kehidupan sehari-hari kita pun bisa diterapkan.

Secara harfiah maupun di dunia teknologi, hubungan AND merupakan hubungan dimana output yang dihasilkan akan bernilai true atau 1 jika dan hanya jika semua inputannya bernilai 1. Dengan kata lain, jika ada salah satu saja yang tidak bernilai 1 maka outputnya pun tidak 1.

Nah, hubungan seperti ini ternyata berlaku juga saat kita menjalankan ibadah.

Misalnya saja untuk menjadi seorang yang beragama Islam maka kita harus menjalankan semua rukunnya dengan analogi logika ini, artinya kita harus melakukan semuanya dengan benar, meskipun dengan syarat-syarat tertentu.

Kasus lain misalnya kita menjalankan shalat wajib, maka aturannya juga AND, harus dijalankan semuanya secara rutin setiap hari. Atau ketika membaca Al-Quran, aturan AND juga berlaku. Seharusnya kita tidak hanya membacanya saja, tetapi harus memahami kemudian mengamalkannya.

Selain contoh kasus tadi masih banyak lagi. Untungnya dalam beribadah kita masih diberikan banyak sekali keringanan-keringanan dalam tata cara menjalankannya, jadi tidak semuanya itu saklek dan kudu seperti itu.

Semoga kita bisa menerapkan aturan AND ini dalam setiap ibadah kita, aamiin.

#JuliNgeblog #Day20

@ariffsetiawan


→ 57 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *