Pengalaman dengan Vespa

Setelah sekian saya menggunakan Vespa warisan dari Bapak sebagai moda transportasi saya di Bandung, baru akhir bulan kemarin saya mengalami kejadian yang lumayan bikin panik.
Kejadiannya hampir sama dengan yang dialami oleh mas yang pernah saya ceritakan di sini, atau mungkin bisa dikatakan sama persis, yaitu stang sebelah kanan vespa ga bisa buat ngegas, setelah ditarik ternyata bisa lepas. What the?… Bedanya saya seperti sudah nyadar dan ga gitu panik, langsung we nyari bengkel. Ketemunya cuma tukang tambal ban. Pinjem obeng buat buka stang dan ternyata benar. Besi yang buat ngegasnya emang beneran patah. Langsung saya tanya apa ada tukang las di deket sini? Waktu itu posisi lagi di deket jembatan tol Buah Batu.
Ternyata ada, ga gitu jauh sekitar setengah kilometer. Tapi tukang las buat pagar, tralis, dll. Bukan buat yang kendaraan.

“Pak bisa, minta tolong benerin ini ga pak?”, tanya Saya.
“Wah, maaf sep, ga bisa kayaknya, harus dibuka dulu”, kata Si Bapak.
Berarti ini bapaknya emang spesialis buat las pagar kayaknya, ga pernah ngerjain kendaraan.
Dan saat itu pula saya untuk pertama kalinya dalam hidup berani buat bongkar stang motor sendiri, karena terpaksa. Penampakan akhir setelah dibongkar ada di foto artikel ini.
Setelah besi stang bagian kanan bisa dilepas maka langsung dicoba dilas sama Si Bapak.
Las, celup air, gosok. Diulangi terus hingga pas bisa dipasang di vespa lagi.
Setengah jam kemudian, bereslah itu proses las dan akhirnya besi bisa dipasang lagi jadi stang buat gas. Setelah terpasang ada satu hal yang jadi masalah.
Gimana ini masang kabel rem depannya?
Sudah saya coba tarik-tarik dan dipas-pasin juga tetep ga bisa bener.
Akhirnya saya biarkan dan langsung pamit dulu ke Si Bapak.
“Makasih banget Pak”, salam penutupan dari saya, haha.
Setelah itu saya bawa vespanya ke tempat cuci motor biar bersih dan minta tolong mas-mas di bengkelnya buat benerin rem depannya, heheu.
Ya begitulah sedikit lika-liku menggunakan vespa yang sudah dipakai sejak Bapak saya masih kuliah dan umurnya lebih tua dari saya.
Padahal 2 hari sebelumnya habis dibawa ke bengkel buat benerin lampu depan sama remnya. Apakah ini pertanda harus ganti tunggangan?
Salam Anak Vespa! ๐Ÿ˜€
@ariffsetiawan

เน 223 readers

Leave a Reply