Warung Bogowonto Purworejo

Sebagai seorang yang merantau, ketika berada di kota kelahiran sendiri sering kali membuat kita tidak ada hasrat jajan makanan di luar. Lebih enak menikmati masakan rumahan. Begitu pula dengan saya. Akhirnya saya pun tidak terlalu update tentang perkembangan tempat penjaja makanan yang ada sekarang.

Namun, kali lain ceritanya. Saat itu saya sedang main ke rumah teman dan diajak ke sebuah warung makan yang cukup menarik.

Namanya Warung Bogowonto.

Warung Bogowonto

Warung yang berbentuk joglo khas bangunan Jawa ini lokasinya memang persis di pinggir Sungai Bogowonto, salah satu sungai besar yang mengalir di Kabupaten Purworejo. Namun, masih masuk wilayah Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo.

Untuk menuju ke warung ini memang tidak terlalu mudah jalurnya. Selain harus melalui jalan desa, petunjuknya pun kurang jelas. Yang paling mudah tentu saja menggunakan google maps dan mencari lokasi “Warung Bogowonto”. Selain itu, kalian bisa mencari dulu yang namanya Gang Ronogati di dekat GKJ Purworejo Selatan. Ikuti terus gang atau jalan itu melewati sungai kecil, makam hingga sampai ujung terdapat rumah joglo di pinggir sungai. Tanda kalian sampai di Warung Bogowonto ini.

Ruang Utama Warung Bogowonto
Lesehan bagian belakang

Warung ini terdiri dari 2 bangunan, yaitu bangunan utama yang berisi ruang makan dari meja kursi kayu ndeso dan bangunan tambahan yang difungsikan sebagai dapur. Di bagian belang juga terdapat tempat lesehan untuk duduk-duduk makan sambil menikmati semilir angin dan pemandangan kawasan Sungai Bogowonto. Nikmat sekali.

Menu Warung Bogowonto

Menu makanan di sini pun menu yang familiar di pedesaan. Contohnya seperti sayur lodeh jantung, kluban, lele goreng, wader goreng, mangut lele, buntil, pepes, tahu/tempe goreng, nila goreng dan berbagai jenis sambal.

Menu tersebut disajikan dalam satu meja, kemudian pengunjung tinggal mengambil sendiri sayur dan lauknya secara prasmanan. Bebas mau ngambil seberapa banyak. Sedangkan untuk minuman tinggal pesan ke meja minuman di sebelahnya, ada teh (hangat/dingin), jeruk (hangat/dingin), dan kopi. Mantap.

Untuk harganya tidak perlu dikhawatirkan, nasi sudah satu paket dengan sayuran ditambah lauk dan minum biasanya masih di bawah Rp 20.000. Namun, semakin banyak lauknya semakin mahal pula harganya.


Oh iya, jika kalian beruntung terutama ketika musim kemarau, kalian bisa turun ke sungai dan melihat beberapa pemandangan yang apik di Sungai Bogowonto. Jadi bisa makan sekaligus piknik jika ke sini.


Gimana kalian warga Purworejo?

Sudah tau atau pernah ke warung ini belum? Patut dicoba lho, daripada bosen di warung makan yang “itu-itu” aja, hahaha.


Harga

Harga menu di sini adalah mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

Lokasi

Kelurahan Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54115

Jam Buka

Warung Bogowonto buka setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB


๏ 24 readers

Leave a Reply