Salah satu makanan khas Kota Magelang adalah kupat tahu. Makanan dengan bahan-bahan yang sederhana ini sudah menjadi ikon kota ini. Di setiap sudutnya dari mulai pusat kota hingga pinggiran akan sangat mudah kita temukan warung makan yang menjajakan kupat tahu. Salah satu warung kupat tahu yang legendaris di Magelang adalah Kupat Tahu Pojok, yang sudah ada sejak tahun 1942. Yang berarti sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Luar biasa, haha.

Lokasinya ada di Jalan Tentara Pelajar No. 14 Magelang, dekat dengan Alun-Alun dan Masjid Agung Magelang

Kupat Tahu Pojok Magelang
Kupat Tahu Pojok Magelang

Awalnya kupat tahu di warung ini dijajakan menggunakan gerobak keliling hingga tahun 50-an. Dengan perjuangan yang luar biasa akhirnya warung ini bisa bertahan dan tetap eksis hingga sekarang.

Salah satu yang istimewa dari warung ini adalah sudah menjadi langganan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga karena beliau merupakan lulusan Akademi Militer serta Ibu Ani yang notabene adalah orang Magelang. Sudah sewajarnya jika mempunyai warung kupat tahu langganan. 

Kupat Tahu Magelang yang khas
Kupat Tahu Magelang yang khas

Menu utama di warung ini tentu saja kupat tahu. Yang khas dari kupat tahu Magelang adalah ketupat yang pulen dicampur dengan irisan tahu yang digoreng setengah matang, kol, seledri dan tauge yang disiram dengan saus kacang encer yang manis dan gurih. Biasanya hanya ditambah dengan bakwan saja. Tapi bagi kalian yang masih kurang puas masih bisa ditambah dengan lauk, kerupuk atau gorengan lain.

Banyak menu tradisional dijajakan
Banyak menu tradisional dijajakan

Selain menu itu, di warung ini juga dijajakan banyak makanan tradisional serta berbagai macam minuman, seperti es dawet, es cincau dan wedang ronde. Saya sendiri lebih memilih es teh tawar karena siang hari yang cukup panas. 

Satu porsi kupat tahu dan es teh
Satu porsi kupat tahu dan es teh

Segar sekali rasanya, selepas makan kupat tahu ditambah dengan es teh tawar.


Untuk masalah harga tidak udah khawatir. Satu porsi kupat tahu di sini adalah Rp 14.000. Meskipun bagi orang kota ini adalah harga yang murah, tetapi harga ini termasuk harga yang sudah lumayan mahal untuk ukuran menu kupat tahu di sini, karena masih banyak kupat tahu yang dijual Rp 12.000, Rp 10.000 atau bahkan Rp 8.000 yang rasanya bisa bersaing. 

Jika kalian ingin menikmati kupat tahu di warung ini dengan nyaman, sebaiknya datang ketika warung baru buka. Jika sedang ramai pengunjung harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Lokasinya yang berada di pinggir jalan utama ke arah Semarang membuat Kedai Kupat Tahu Pojok Magelang ini menjadi singgahan favorit pelanggan yang kebetulan melintasi Magelang.


Harga

Harga menu di sini adalah sekitar Rp 14.000.

Lokasi

Jl. Tentara Pelajar No.14, Cacaban, Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah 56121

Jam Buka

Kedai Kupat Tahu Pojok Magelang buka dari jam 11.00 – 20.30 WIB.


→ 189 readers

About the author

📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

2 comments

  1. Waktu event Borobudur Marathon sempet mau nyoba makan di sini. Sayangnya tutup. Akhirnya nyoba Kupat Tahu Pak Slamet yang ada di dekat situ juga. Katanya udah lama juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *