Warung Sate dan Tongseng Pak Kurdi sudah menjadi legenda di daerah Magelang, khususnya Mungkid dan Borobudur. Warung yang sudah ada sejak tahun 1978 ini akan sangat mudah ditemukan di kanan kiri jalan raya antara Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Warung ini memang sudah menjadi bisnis keluarga sejak lama. Oleh karena itu, jika berada di sekitar jalan menuju ke Candi Borobudur kita akan melihat papan nama Sate Pak Kurdi 1, Sate Pak Kurdi 2 atau Bu Sumini yang masih relasi keluarga Pak Kurdi juga.

Warung Sate dan Tongseng Pak Kurdi
Warung Sate dan Tongseng Pak Kurdi

Yang khas dan menjadi menu andalan di sini adalah olahan kambingnya. Baik sate kambing atau tongseng kambing, meskipun menyediakan juga olahan ayam.

Diolah menggunakan bara api
Diolah menggunakan bara api

Kunci dari olahan yang nikmat di sini adalah karena dagingnya seperti digeprek dulu sebelum dimasak langsung menggunakan bara api yang membara. Yang efeknya adalah daging terasa lebih empuk ketika disantap. Selain itu, pembeli juga harus menunggu terlebih dahulu untuk menikmati satu porsi sate atau tongseng.

Menu yang sangat khas yang hanya bisa ditemui di warung ini adalah tongseng kikil/kepala kambing yang rasanya mantap, disajikan dengan kuah santan kental dan irisan cabe rawit hijau. Saya sendiri belum pernah mencoba menu khas ini.

Paket komplit sate dan tongseng
Paket komplit sate dan tongseng

Yang pasti olahan kambing yang ada di warung ini sudah tidak terlalu perengus, jadi bisa dinikmati semua kalangan. Penyajiannya juga tidak menggunakan tusuk satenya, sudah dilepas. Jadi sangat memudahkan ketika menyantapnya, meskipun jadi sedikit kehilangan sensasi menggigit tusuk sate.

Menu Sate dan Tongseng Pak Kurdi
Menu Sate dan Tongseng Pak Kurdi

Selain sate dan tongseng kambing, masih ada menu lain seperti nasi goreng kambing, sate goreng, ayam goreng, ayam bakar dan tongseng ayam.

Untuk masalah harga, satu porsi sate atau tongseng di sini antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Masih standar dan worth it banget menurut saya dengan kualitas olahannya.


Warungnya selalu ramai
Warungnya selalu ramai

Bagi kalian yang merupakan penggemar olahan kambing dan berada di sekitar Candi Borobudur atau Candi Mendut, menurut saya wajib banget mampir ke sini. Baik untuk makan siang atau makan malam. Warung ini buka dari jam 8 pagi hingga 9 atau 10 malam. Tapi ya siap-siap saja kalau jam makan pasti antri di sini.


Harga

Harga menu di warung ini mulai dari Rp 20.000.

Lokasi 

Jl. Mayor Kusen, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512

Jam Buka

Warung ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 21.00 WIB.


→ 24 readers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *