Waduk Sermo, Alternatif Wisata Kulon Progo

 

Di wilayah Yogyakarta, mungkin Kabupaten Kulon Progo yang terletak di daerah paling dan berbatasan dengan Purworejo, Jawa Tengah bukanlah urutan atas untuk masalah tempat wisata.

Tapi saya ada satu rekomendasi tempat wisata bernuansa alam yang ga mainstream ketika kalian berkunjung ke Jogja.

Pernah denger namanya Waduk Sermo? Sebagian besar mesti belum, hehe.

Memang sejatinya waduk ini tidak digunakan untuk tempat wisata, tapi untuk irigasi dan penampungan air. Lebih lengkapnya ada di sini.

Namun, sekarang waduk ini sudah bisa jadi alternatif wisata keluarga di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Selain tempatnya yang sejuk dan rindang, tempat istirahanya pun ada di sekeliling waduk. Walaupun sebagian besar berupa rumput begitu saja, tapi sudah ada juga yang berupa seperti rumah jamur, rumah panggung, wisma, hingga villa. Selain itu, masih ada penyewaan perahu jika ingin merasakan keindahan waduk lewat air. Untuk yang gemar memancing pun cocok, karena gratis, tinggal bawa alat pancingnya, hehe.

 

Untuk sampai ke lokasi juga cukup mudah. Jika kamu sudah dekat dengan daerah Wates (ibukota Kab Kulon Progo) pasti akan menemukan petunjuk jalan untuk menuju Waduk Sermo, baik dari arah Yogyakarta maupun dari Purworejo. Gampang banget ko’ ditelusuri.

Kebetulan saya ke sini sekitar setengah tahun yang lalu, itu juga dadakan akibat ada acara yang dibatalkan. Sendirian ngetrip pake motor dari rumah :D.

Udah segitu dulu aja, selamat berjelajah! 😀

@ariffsetiawan

 

๏ 71 readers

Leave a Reply