HackGov 2015 : Berdaya Bersama untuk Indonesia

Di akhir tahun 2015 lalu saya mendapatkan kesempatan untuk sharing di acara yang bertajuk #HACKGOV2015 di Yogyakarta.

Acara tersebut merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan Pulse Lab Jakarta dan para mitra seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), XL Axiata, dan Microsoft Indonesia.

Konon acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan dan membangun kesadaran instansi pemerintah, akademisi, swasta serta masyarakat atas pemanfaatan inovasi data dan informasi untuk mengatasi isu-isu pembangunan. Selain itu, #HackGov juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan solusi bagi peningkatan pelayanan publik melalui kompetisi inovasi teknologi.

Rangkaian acaranya sendiri terbagi menjadi 2 hari. Hari pertama berupa seminar dan diskusi panel, sedangkan hari kedua merupakan acara Hackathon.

Seminar dan Diskusi Panel

Pembicara Seminar

Pembicara yang hadir dalam acara seminar berasal dari latar belakang yang berbeda antara lain dari pengambil kebijakan (Bappenas), Pulse Lab Jakarta, XL, Twitter, UGM, Microsoft, Perkumpulan IDEA, IBM, Telkomsel, Tone, dan perwakilan pemenang Big Ideas Competition for Urban Issues using Data Innovation. Pembahasan utama seminar terkait dengan isu Sustainable Development Goals (SDGs), Prioritas Pembangunan dan peran Teknologi Informasi dalam pembangunan melalui keterlibatan aktif masyarakat. Sedangkan diskusi panel dilakukan antara partisipan dengan para pembicara untuk menggali informasi sebagai tambahan wawasan dan ide untuk pembuatan aplikasi oleh peserta.

Sharing tentang Mangrow

Kebetulan saya sharing tentang Mangrow, sebuah ide project aplikasi yang digunakan untuk melakukan monitoring terhadap pohon mangrove. Project tim saya yang mendapatkan award silver winner di Big Ideas Competition for Asia Urban Issues Using Data Innovation yang diadakan oleh Korean MSIP (Ministry of Science, ICT and Future Planning) dan UN Global Pulse (Pulse Lab Jakarta).

Selain saya, ada 2 orang lagi yang sama-sama penerima award di kompetisi Big Ideas sharing tentang solusi transportasi angkot dan perbaikan jalan.

Kebanyakan dari partisipan pasti bertanya tentang bagaimana bisa mempunyai ide untuk membuat aplikasi atau validasi sebuah ide agar bisa diaplikasikan.

Hackathon

Peserta Hackathon

Acara hackathon diselenggarakan di Eastparc Hotel Yogyakarta dan diikuti oleh 190 peserta yang terbagi ke dalam 58 group. Dalam hackathon ini terbagi menjadi 3 tema yaitu analisis dan visualisasi data, aspirasi dan pemberdayaan perempuan.

Analisis dan Visualisasi Data

Setiap kelompok diberikan beberapa data set pembangunan, kemudian diminta untuk visualisasi data-data tersebut melalui sistem berbasis web.

Aspirasi

Setiap kelompok diminta untuk membangun sistem aplikasi yang memudahkan masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah.

Pemberdayaan Perempuan

Setiap kelompok diharapkan mengembangkan satu aplikasi yang dapat mendorong kelompok perempuan untuk lebih maju dan berkembang.

Pemenang Hackathon
Peserta dan Penyelenggara Hackathon

***

Menurut saya ini merupakan hackathon yang temanya cukup bagus, tapi sayangnya dengan tema yang bagus dan penyelenggara yang mempunyai network pemerintah dan pihak swasta yang cakupannya internasional pun ternyata belum bisa membuahkan hasil dari suatu event yang bertajuk hackathon.

Biasanya hal seperti ini terjadi karena memang tujuan diselenggarakan event seperti ini tidaklah direncanakan untuk dikawal secara berkelanjutan. Pihak yang seharusnya paling diuntungkan menurut saya yaitu pemerintah (yang notabene mempunyai power di dana, regulasi dan sosialisasi) masih kurang support untuk masalah inovasi yang dibuat oleh kalangan mahasiswa.

Buktinya?

Ide tinggallah sebuah ide, prototype juga hanya menjadi sebuah prototype aplikasi. Tidak kemudian dikembangkan secara serius.

Dan hingga hari ini hasilnya tidak dapat menjadi solusi nyata permasalahan yang ada dan dinikmati masyarakat luas.

Sumber : BAPPENAS, Pulse Lab Jakarta

๏ 43 readers

Leave a Reply