Hari Pramuka

Melihat postingan tentang Hari Pramuka di blog Mbak Risna membuat saya tidak bisa tinggal diam, haha. Uopooo.
Beda dengan mbak saya yang satu itu yang levelnya udah jadi Pradani, bahkan udah pergaulan DKC dan Raimuna (ini apa juga saya ga gitu tau, wkwk). Arif kecil dulu hanya aktif kegiatan pramuka pas SD dan SMP di Purworejo, sedangkan pas SMK di Purwokerto jadi agak nakal alias mbolosan dan ga tertarik sama satu kegiatan ini. Prefer gitaran di kosan atau hanya memanfaatkan seragam pramuka buat tarif anak sekolah pas pulang ke Purworejo, haha.

Tapi dulu pas SD saya jadi ketua regu lho. Sempet ikutan Pesta Siaga sampai level kecamatan doang, haha. Satu hal yang paling saya inget banget adalah ketika Pesta Siaga di SD Negeri Semawung yang berlangsung seharian penuh dengan berbagai rangkaian acara yang ada, saya mengalami satu kejadian yaitu mengantongi pulpen yang MBLOBOR, pulpen yang tintanya meleleh kena panas itu lho, oh meeen. Kantong baju pramuka saya langsung ada blok warna ungunya.
Selain itu juga pas SD masih bangga banget banyak-banyakan atribut pramuka di baju, mulai dari TKU (Tanda Kecakapan Umum) di lengan kanan atau tanda manggar di lengan kiri, dll. Kalian gitu juga ga? :))
Kalau pas SMP beda cerita, kebetulan saya yang rumahnya di desa dan sekolahnya di agak kotaan dikit yang tiap harinya jadi naik angkot sambung sepeda udah ga jadi apa-apa lagi, cuma jadi anggota. Tapi yang saya inget dulu pas pramuka saya sering banget dapet jatah buat mecahin teka-teki semaphore kalau ga salah, haha.
Hal lain dari pramuka SMP yang sangat dikenang adalah ketika Persami (Perkemahan Sabtu Minggu (?)) dan Wide Game keliling Kota Purworejo. Dari ditakutin buat hantu-hantuan di malam hari, nyari jalur dengan tanda tertentu, bikin tandu dari tongkat dan tali pramuka di kuburan Kerkop, haha. Lucunya adalah karena sekolah kami ga punya lapangan gede, jadinya nginepnya di ruang kelas, ga bikin tenda, cupu tenan, hahaha.
Yang pas di Purwokerto ga usah dibahas lah ya, saya ga pernah ikutan lagi, entah karena kena racun temen kosan apa gimana, bahkan ikut ujian Bantara pun enggak saya. Jadi sampai saat ini status saya masih baru lulus sebagai Penggalang, heheu.
Ada yang udah lulus hingga Penegak atau bahkan Pandega? Atau udah pernah ikutan kegiatan jambore Nasional? Boleh kali ya di share ceritanya pas Hari Pramuka gini.
Selamat Hari Pramuka semuanya. Semoga adik-adik kita yang sedang meramaikan bisa menjadi insan yang lebih baik dari kita, seperti yang sudah ada di Trisatya atau Dasa Dharma. Aamiin.
@arifsetiawan

๏ 118 readers

2 thoughts on “Hari Pramuka”

Leave a Reply