travel, food and technology

Nasi Liwet Solo

arifsetiawan
arifsetiawan
August 8, 2014

Masih lanjutan dari liputan Mudik Hore kemarin, kali ini saya akan berbagi tentang Nasi Liwet Solo, salah satu menu kuliner yang wajib dicoba jika kalian sempat berkunjung ke kota Surakarta atau Solo, heheu.

Nasi Liwet ini sering disebut juga sebagai Sego Liwet dalam Bahasa Jawa.

Terus nyarinya di mana?

Halah gampang banget, karena sebagai makanan khas kota Solo, Nasi Liwet ini bisa dijumpai hampir di setiap sudut kota, mulai dari mbok-mbok yang jual keliling hingga warung-warung yang di gang, haha.

Nasi Liwet Solo
Nasi Liwet Solo

Kalau pas saya mudik kemarin kebetulan mampirnya di Nasi Liwet Bu Sarmi, Jl. Kapten Mulyadi, Lojiwetan, yang sebelahan dengan Shi Jack.

Nasi liwet dimasak dengan santan dan bumbu tanpa proses pengukusan di dandang, sehingga hasilnya adalah nasi putih yang lebih lembek dan harum. Disajikan dalam pincuk (piring dari daun pisang), dengan lauk gulai labu siam, telur rebus atau telur dadar, suwiran ayam opor, dan potongan ati-ampela ayam, ditumpangi kepala santan atau santan kental yang disebut areh.

Lauk tambahannya bebas, mau pake ayam, potongan jeroan, tahu atau tempe bacem juga bisa. Biasanya yang ndak boleh ketinggalan juga si tambahan kerupuk rambak (kerupuk kulit).

Satu hal lagi yang saya sarankan : cobalah makan menggunakan SURU, yaitu sendok yang dibentuk dari sobekan daun pisang (seperti gambar di atas). Dijamin tambah bikin enak, heheu.

Gimana?

Udah pernah ke Solo tapi ndak nyoba ini? Walah rugi sampeyan 😀


→ 183 readers

arifsetiawan
  • 📝 blogger ⚡software engineer — working remotely

Culinary

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *